Israel tembak jatuh 2 roket asal Gaza

Senin, 28 Oktober 2013 - 13:12 WIB
Israel tembak jatuh...
Israel tembak jatuh 2 roket asal Gaza
A A A
Sindonews.com – Militer Israel menembak jatuh dua roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza, pada Senin (28/10/2013). Belum diketahui kelompok mana yang menembakkan dua roket ke arah wilayah Israel tersebut.

”Satu roket jatuh ke tanah, sedangkan satu roket lainnya jatuh ke laut,” bunyi pernyataan militer Israel, seperti dikutip Reuters. Kedua roket itu ditembakkan dari sebuah wilayah yang berjarak sekitar 12 km sebelah utara Gaza.

Hingga kini belum ada klaim sebagai penanggung jawab tembakan dua roket itu. Kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza, saat ini juga mengalami krisis keuangan, setelah sekutu mereka, Mohamed Morsi dilengserkan dari kursi Presiden Mesir oleh pihak militer pada 3 Juli 2013.

Kelompok Hamas telah berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan Mesir, sambil menarik dukungan mereka terhadap Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang merupakan saingan mereka. Abbas yang berasal dari faksi Fatah berkuasa di Tepi Barat.

Kelompok Hamas juga gencar mendesak Abbas untuk meninggalkan perundingan damai dengan Israel yang disponsori Amerika Serikat. Namun, hasil perundingan yang dimulai sejak beberapa bulan lalu masih berjalan. Terakhir, sekitar 26 tahanan asal Palestina dibebaskan Israel sebagai syarat menjalankan perundingan damai itu.

Juru bicara militer Israel, mengatakan selain dua roket yang ditembak jatuh, sebuah bom mortir juga meledak di wilayah perbatasan Israel dengan Gaza, kemarin. Namun, ledakan itu tidak menimbulkan kerusakan maupun korban.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0615 seconds (0.1#10.140)