Sejumlah polisi Malaysia kehilangan pistol di toilet

Selasa, 22 Oktober 2013 - 22:20 WIB
Sejumlah polisi Malaysia...
Sejumlah polisi Malaysia kehilangan pistol di toilet
A A A
Sindonews.com – Dalam kurun dua tahun, lebih dari 40 pistol milik polisi Malaysia dilaporkan hilang. Hal ini terungkap dalam laporan yang disampaikan oleh Auditor Jenderal 2012. Salah satu penyebab hilangnya pistol itu karena tertinggal di dalam toilet.

Ini adalah salah satu dari lima alasan yang diutarakan oleh Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi, tentang bagaimana senjata-senjata itu bisa sampai hilang.

"Berdasarkan Laporan Auditor Jenderal baru-baru ini, 44 senjata api hilang antara 2010 dan 2012. Dari jumlah ini, 7 telah ditemukan," kata Hamidi dalam jawaban tertulis atas pertanyaan yang diajukan oleh politisi Malaysia, Tian Chua di Dewan Rakyat, Selasa (22/10/2013).

Seperti dilaporkan Reuters, Hamidi juga menjelaskan lima kondisi bagaimana senjata-senjata itu bisa hilang. "Senjata-senjata itu tertinggal di dalam mobil yang rusak, personel polisi dirampok, tak sengaja menjatuhkannya saat bertugas, kehilangan di toilet, dan kehilangan di kantor," papar Hamidi.

Adapun soal nilai dari senjata yang hilang, Hamidi mengatakan, nilainya bervariasi sesuai dengan negara pembuat senjata itu. Dia menambahkan, bahwa komite penyelidikan telah dibentuk oleh polisi untuk menyelidiki, sebelum menentukan tindakan yang akan diambil terhadap personel polisi yang kehilangan pistolnya.

"Jika ada bukti kelalaian, personel polisi yang bertanggung jawab dapat dikenakan sanksi dengan biaya tambahan atau tindakan disiplin, atau keduanya," kata Hamidi. Dia juga mengatakan, bahwa Departemen IT Polisi akan menerapkan sistem pemantauan yang baru pada bulan depan untuk mengawasi aset polisi, yang akan mengeluarkan peringatan jika hilang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8047 seconds (0.1#10.140)