Kebakaran di Australia, ratusan orang kehilangan rumah

Kamis, 17 Oktober 2013 - 18:32 WIB
Kebakaran di Australia, ratusan orang kehilangan rumah
Kebakaran di Australia, ratusan orang kehilangan rumah
A A A
Sindonews.com – Ratusan orang di negara bagian New South Wales (NSW), Australia, telah kehilangan tempat tinggal setelah puluhan rumah mereka ludes dilalap api, Kamis (17/10/2013). Sebanyak 600 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.

Api yang melahap puluhan rumah itu, berasal dari kebakaran hutan di sebelah barat Sydney. Dalam sekejap, asap kuning menyelimuti jalan raya dan membuat ratusan orang mengalami gangguan pernafasan.

Menurut petugas Rural Fire Service (RFS) atau layanan pemadam kebakaran, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Kebakaran hutan dipicu suhu tinggi di kawasan NSW. Pihak RSF khawatir, kebakaran akan menghancurkan lebih banyak properti di wilayah itu.

”Jika kita bisa melewati kebakaran ini, dengan kurang dari 100 rumah yang hancur hari ini saja, kita beruntung,” ujar Komisaris RFS, Shane Fitzsimmons, seperti dikutip Reuters.

Sebanyak 600 petugas pemadam kebakaran, kata Fitzsimmons, masih berjuang untuk mengatasi 80 titik kebakaran. Akibat kebakaran tersebut, Bandara di Newcastle, yang berjarak 160 km sebelah utara Sydney ditutup. Begitu juga dengan sekolah dan kantor-kantor bisnis. Semua orang di kawasan itu telah dievakuasi.

”Ini mungkin risiko kebakaran yang paling serius yang kita hadapi sejak awal tahun 2000,” kata Wakil Komisaris RSF, Rob Rogers. Menurutnya, musibah itu seperti mimpi buruk.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4993 seconds (0.1#10.140)