Bom bunuh diri di Irak tewaskan 15 orang

Kamis, 17 Oktober 2013 - 14:43 WIB
Bom bunuh diri di Irak tewaskan 15 orang
Bom bunuh diri di Irak tewaskan 15 orang
A A A
Sindonews.com - Seorang pembom bunuh diri mengendarai truk dengan bahan peledak, meledakkan dirinya di sebuah desa di Irak utara, Kamis (17/10/2013) pagi. Sedikitnya 15 pejabat wilayah Shabak tewas dalam insiden itu.

Hingga kini, belum ada kejelasan, pelaku dan motif serangan bom bunuh diri itu. Kendati demikian, para pejabat setempat meyakini, bom bunuh diri itu masih terkait dengan konflik sektarian antara kaum Sunni dengan kaum Syiah yang terus berebut wilayah kekuasaan.

Serangan mematikan pagi tadi, terjadi di Desa Mwafaqiya, di Provinsi Niniwe. ”Pukul 06.00 pagi ini, pembom bunuh diri meledakkan diri dengan truk di tengah-tengah rumah-rumah warga di desa saya,” kata Qusay Abbas, seorang mantan wakil rakyat Shabak di Dewan Provinsi Mosul, dikutip Reuters.

”Masih ada beberapa orang di bawah puing-puing rumah mereka,” lanjut Abbas. Menurutnya, militan dari kaum Sunni dan gerilyawan lainnya termasuk al-Qaeda, telah merebut wilayah itu tahun ini dari tangan pemimpin Syiah Irak yang sebelumnya berkuasa.

Serangan bom bunuh diri itu, menambah jumlah korban akibat konflik sektarian di Irak. Sejak awal tahun hingga sekarang, sudah ribuan orang tewas akibat kekerasan di negara yang pernah dipimpin rezim Saddam Hussein tersebut.

Di Shabak, bulan lalu juga dilanda serangan bom bunuh diri. Yakni, serangan yang menyasar lokasi pemakaman umum, dengan korban tewas mencapai 21 orang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7448 seconds (0.1#10.140)