Khamenei: Senjata kimia cuma dalih AS

Kamis, 05 September 2013 - 17:49 WIB
Khamenei: Senjata kimia cuma dalih AS
Khamenei: Senjata kimia cuma dalih AS
A A A
Sindonews.com – Tuduhan penggunaan senjata kimia terhadap rezim Suriah, dianggap hanya dalih yang dilontarkan negara Barat untuk menyerang Suriah. Demikian disampaikan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pada Kamis (5/9/2013).

Iran adalah sekutu utama regional Suriah, dan telah memperingatkan kepada negara Barat untuk tidak campur tangan di Suriah. Peringatan yang terutama ditujukan kepada AS itu, katanya, justru diabaikan setelah AS semakin serius untuk menyerang Suriah.

”Washington dan sekutunya menggunakan tuduhan senjata kimia sebagai dalih, dan mereka ingin melakukan intervensi karena alasan kemanusiaan,” ucap Khamenei, dikutip AFP.

”AS menetapkan Suriah sebagai salah musuhnya, dan dipastikan mereka akan menderita, seperti di Irak dan Afghanistan,” lanjut Khamenei.

Secara terpisah, Kepala Unit Pasukan Elit Quds Iran, Qassem Soleimani, mengatakan Teheran akan menemani Suriah sampai akhir, dalam menghadapi kemungkinan serangan militer pimpinan AS .

Beberapa analis percaya tujuan yang lebih luas dari tekad Presiden AS Barack Obama untuk melancarkan serangan adalah untuk menumpulkan pengaruh regional untuk menekan Teheran, dan melindungi sekutunya, Israel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4759 seconds (0.1#10.140)