Di KTT G20, duta Suriah akan serukan perundingan damai

Kamis, 05 September 2013 - 17:23 WIB
Di KTT G20, duta Suriah akan serukan perundingan damai
Di KTT G20, duta Suriah akan serukan perundingan damai
A A A
Sindonews.com – Duta khusus Suriah untuk PBB, Lakhdar Brahimi bakal menyerukan para pemimpin negara peserta KTT G20, untuk mendorong konferensi internasional sebagai solusi untuk krisis Suriah. Hal itu akan dia sampaikan di tengah-tengah pelaksanaan KTT G20, yang dimulai Kamis (5/9/2013) sampai Jumat (6/9/2013).

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki – moon, mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa Brahimi sedang dalam perjalanan ke St Petersburg, Rusia, di mana KTT G20 berlangsung.

”Sementara dunia difokuskan pada kekhawatiran tentang kemungkinan penggunaan senjata kimia di Suriah, kita harus mendorong lebih keras untuk Konferensi Internasional tentang Suriah agar berlangsung di Jenewa,” kata pernyataan Ki-moon itu, seperti dikutip Reuters.

”Sebuah solusi politik adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri pertumpahan darah di Suriah,” lanjut pernyataan Ki-moon itu.

Rusia dan Amerika Serikat menyatakan, pada Mei 2013 lalu mencoba untuk membawa wakil-wakil pemerintah dan oposisi Suriah bersama-sama duduk di sebuah konferensi internasional. Namun tanggal belum ditentukan, sudah ada tanda-tanda konferensi batal.

Tuan rumah G20, Rusia menentang rencana serangan militer AS untuk menghukum Presiden Bashar al-Assad yang dituduh AS melakukan serangan senjata kimia dalam konflik yang berlangsung 2,5 tahun terakhir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5529 seconds (0.1#10.140)