Korsel tawarkan bantuan USD6,3 juta pada Korut melalui WHO

Senin, 02 September 2013 - 22:41 WIB
Korsel tawarkan bantuan USD6,3 juta pada Korut melalui WHO
Korsel tawarkan bantuan USD6,3 juta pada Korut melalui WHO
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengumumkan pada Senin (2/9/2013), bahwa mereka akan memberikan bantuan senilai USD6,3 juta dalam bentuk pendanaan kemanusiaan bagi Korea Utara (Korut) melalui Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan, pihaknya juga telah menyetujui pengiriman bantuan ke Korut senilai USD2,12 juta, melalui kelompok-kelompok sipil Korsel. Kedua paket bantuan tersebut disetujui hanya dalam waktu satu bulan, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Sebelumnya, Korsel menghentikan bantuan pemerintah ke pemerintah dan perdagangan dengan Korut sejak 2010, setelah terjadinya serangkaian insiden, termasuk tenggelamnya sebuah kapal Angkatan Laut Korsel.

Namun, dengan kian kondusifnya suasana di Semenanjung Korea, kebijakan Pemerintah Korsel soal bantuan kemanusiaan bagi Korut, telah berubah. Presiden Korsel, Park Geun-hye yang mulai menjabat sejak Februari lalu, menerapkan kebijakan “membangun kepercayaan”.

Beberapa pekan yang lalu, PBB mengaku membutuhkan USD 98 juta untuk membiayai proyek-proyek pangan, kesehatan, dan sanitasi darurat yang dijalankan oleh lima lembaga dengan kantor-kantor di Pyongyang. PBB memperkirakan, bahwa hampir 2,4 juta warga Korut membutuhkan bantuan makanan dan 28 persen anak balita menderita kekurangan gizi kronis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5314 seconds (0.1#10.140)