Presiden Iran: Sejata kimia dipakai di Suriah

Sabtu, 24 Agustus 2013 - 15:10 WIB
Presiden Iran: Sejata...
Presiden Iran: Sejata kimia dipakai di Suriah
A A A
Sindonews.com - Presiden Iran, Hassan Rouhani, pada Sabtu (24/8/2013), mengakui untuk pertama kalinya, bahwa, senjata kimia telah digunakan untuk membunuh orang-orang di Suriah. Ia pun menyerukan masyarakat internasional untuk mencegah penggunaan senjata kimia itu.

Namun, Rouhani tidak menyebut kubu mana yang menggunakan senjata kimia tersebut. Pemerintah Suriah di bawah pimpinan Presiden Bashar al-Assad, selama ini menjadi sekutu kuat Iran. Teheran sebelumnya mencurigai para pemberontak Suriah sebagai dalang serangan senjata kimia.

”Banyak orang yang tidak bersalah di Suriah telah terluka dan menjadi martir (korban tewas) oleh senjata kimia. Dan ini sangat disayangkan,” ucap Rouhani, seperti dikutip oleh kantor berita ISNA.

”Kami benar-benar dan sangat mengutuk penggunaan senjata kimia,” lanjut Presiden Iran pengganti Mahmoud Ahmadinejad itu.

”Republik Islam menyampaikan pemberitahuan kepada masyarakat internasional untuk ikut mencegah penggunaan senjata ini di dunia mana pun, terutama di Suriah,” imbuh dia, dikutip kantor berita Mehr.

Pemberontak Suriah telah menuduh pasukan Assad sebagai penngguna senjata kimia dan menewaskan 1.300 orang. Namun, Pemerintah Assad menepisnya, dan menganggap tuduhan itu sebagai propaganda kotor yang hanya mengacaukan konsentrasi tim inspeksi PBB di Suriah.

AS sebelumnya mengisyaratkan menempuh opsi militer atau perang setelah ada laporan penggunaan senjata kimia di Suriah. Namun, keputusan itu masih didiskusikan oleh para penasihat keamanan pemerintah Barack Obama. Obama sendiri, dalam wawancaranya dengan CNN kemarin, menegaskan AS tidak akan perang di Suriah tanpa rekomendasi PBB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0448 seconds (0.1#10.140)