Ini pemimpin baru Ikhwanul Muslimin Mesir

Rabu, 21 Agustus 2013 - 10:07 WIB
Ini pemimpin baru Ikhwanul Muslimin Mesir
Ini pemimpin baru Ikhwanul Muslimin Mesir
A A A
Sindonews.com – Kelompok Ikhwanul Muslimin Mesir begerak cepat dengan menunjuk pengganti pimpinan utama mereka Mohamed Badie, setelah ditangkap aparat keamanan Mesir kemarin. Kelompok loyalis presiden terguling Mohamed Morsi itu menunjuk Mahmoud Ezzat sebagai pemimpin interim.

”Mahmoud Ezzat, wakil pemimpin Ikhwanul Muslimin, akan berperan sebagai pemimpin tertinggi kelompok ini sementara, setelah pasukan keamanan yang melakukan kudeta militer berdarah menangkap pemimpin tertinggi Mohamed Badie,” bunyi pernyataan Partai Kebebasan dan Keadilan, sayap politik Ikhwanul Muslimin Mesir dalam website-nya, kemarin, seperti dikutip Press TV.

Badie ditangkap di Nasr City, Kairo, atas tuduhan menghasut kekerasan. Sebelumnya, putra Badie, Ammar, ditembak mati dalam demonstrasi di ibu kota Mesir. Para petinggi Ikhwanul Muslimin terus menjadi incaran aparat keamanan Mesir, meski menuai kecaman internasional.

Hampir 900 orang, termasuk hampir 100 tentara dan polisi, telah tewas di negara itu sejak 14 Agustus 2013, ketika pasukan keamanan pemerintah sementara meluncurkan penumpasan brutal terhadap ribuan demonstran pro-Morsi di Kairo.

Amnesty International telah menyerukan penyelidikan menyeluruh dan objektif dalam tragedi pembantaian 14 Agustus 2013. Pada Senin (19/8/2013) lalu, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon mengatakan dia sangat terganggu oleh kematian 37 tahanan Ikhwanul Muslimin yang dianggap janggal. ”(PBB) menyerukan penyelidikan penuh untuk memastikan fakta-fakta seputar insiden ini,” kata Ki-moon.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)