Jenderal al-Sisi: Mesir untuk semua orang

Senin, 19 Agustus 2013 - 10:11 WIB
Jenderal al-Sisi: Mesir...
Jenderal al-Sisi: Mesir untuk semua orang
A A A
Sindonews.com - Kepala Angkatan Bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fatah al-Sisi, mengatakan kepada semua pendukung Presiden Mesir terguling Mohammed Morsi, bahwa Mesir menjadi ruang untuk semua orang. Ia mendesak para loyalis Morsi membantu Mesir membangun kembali jalur demokrasi.

”Dan berintegrasi dalam proses politik,” kata al-Sisi yang juga Menteri Pertahanan Mesir, seperti dikutip BBC. Tapi Jenderal al-Sisi tetap memperingatkan, bahwa militer tidak akan diam dalam menghadapi kekerasan yang terjadi di Mesir.

Jenderal al-Sisi dan militer Mesir melengserkan Morsi pada 3 Juli 2013. Kala itu, al-Sisi mengatakan, militer tidak bisa mengabaikan jutaan orang yang telah menuntut pengunduran diri presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis tahun 2012 itu.

Dalam pidatonya kemarin, al-Sisi memperingatkan, bahwa militer tidak akan membiarkan kekerasan lebih lanjut setelah kerusuhan terbaru. ”Kami tidak akan berdiri dan diam menonton kehancuran negara,” katanya.

Namun, pidato al-Sisi juga menyampaikan pesan yang lunak pada lawan-lawannya, termasuk para loyalis Morsi untuk secepatnya bergabung dalam proses politik di Mesir. ”Ada ruang untuk semua orang di Mesir, dan kami sangat berhati-hati (menyelamatkan) setiap tetes darah (rakyat) Mesir,” ujarnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0704 seconds (0.1#10.140)