Khamenei: Krisis politik Mesir bisa memicu perang sipil

Jum'at, 09 Agustus 2013 - 15:08 WIB
Khamenei: Krisis politik Mesir bisa memicu perang sipil
Khamenei: Krisis politik Mesir bisa memicu perang sipil
A A A
Sindonews.com - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pada Jumat (9/8/2013), mengatakan, bahwa krisis politik di Mesir pasca-pelengseran Mohamed Morsi dari kursi presiden bisa memicu bahaya besar. Khamenei khawatir krisis politik itu bisa berubah menjadi perang sipil di Mesir.

”Kami khawatir tentang apa yang terjadi di Mesir,” katanya, saat perayaan Idul Fitri, yang disiarkan stasiun televisi negara Iran, seperti dikutip Daily Star. ”Spekulasi perang saudara ada momentum yang tercipta setiap hari.”

”Siapa yang akan menghentikan perang sipil? Jika Tuhan menghendaki, hal itu terjadi,” lanjut Khamenei. Pernyataan Khamenei itu muncul sehari setelah presiden interim Mesir mengatakan mediator Barat dan Arab gagal memecahkan kebuntuan politik Mesir.

Lebih dari 250 orang telah tewas, sejak tergulingnya presiden Mohamed Morsi oleh militer pada 3 Juli 2013 lalu. Republik Islam Iran, mengutuk apa yang mereka sebut sebagai kudeta itu.

Khamenei juga memperingatkan pihak asing yang terlalu campur tangan di Mesir. ”Tidak ada kerusakan untuk rakyat Mesir yang akan muncul, jika tidak ada campur tangan kekuatan asing,” imbuh dia.

Pemimpin tertinggi Iran mengutuk keras kekerasan politik di Mesir, dan menyerukan partai-partai keagamaan dan politik untuk belajar dari kejadian di Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6033 seconds (0.1#10.140)