Korban tewas demo rusuh di Mesir, 75 orang

Sabtu, 27 Juli 2013 - 15:06 WIB
Korban tewas demo rusuh...
Korban tewas demo rusuh di Mesir, 75 orang
A A A
Sindonews.com – Jumlah korban tewas dan demo besar-besaran yang berujung pada kerusuhan di Mesir bertambah menjadi 75 orang. Demo antara massa pro dan anti-Mohamed Morsi dimulai sejak Jumat hingga Sabtu (27/7/2013).

Kantor berita negara Mesir, MENA, mengutip penyataan pekerja medis di sebuah rumah sakit, mengatakan, jumlah korban tewas sejak semalam hingga Sabtu tersebut melonjak menjadi 75 orang.

Selain itu, lebih dari 1.000 pengunjuk rasa terluka dalam bentrokan dengan polisi di kawasan Kota Nasr, Kairo, yang merupakan benteng bagi pendukung Morsi. MENA sebelumnya telah melaporkan 10 orang tewas di lokasi itu.

Kelompok Ikhwanul Muslimin, yang sebelumnya dipimpin Morsi, menuduh polisi menembaki demonstran dengan peluru tajam. Seorang demonstran yang dirawat tim medis karena terluka, mengatakan, ia melihat orang berpakaian preman menembaki demonstran pro-Morsi dengan senapan.

”Pasukan polisi berdiri di belakang mereka. Juga, pasukan militer berada di luar memblokir tiga pintu masuk ke lingkungan Rabaa Adawiya,” kata Mohammed Sultan, demonstran yang terluka. Dia juga menyatakan, telah melihat mayat dengan luka tembak di rumah sakit.

Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, Kepala Militer Mesir, menyerukan demonstrasi massal hari Jumat untuk mendukung dia dan militer dalam mengakhiri apa yang ia sebut sebagai "terorisme." Kelompok Ikhwanul Muslimin mengecam pernyataan Sisi, sebagai pernyataan yang "menghasut kekerasan dan kebencian."
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)