ASEAN sambut komitmen Indonesia perangi kabut asap

Kamis, 18 Juli 2013 - 23:12 WIB
ASEAN sambut komitmen Indonesia perangi kabut asap
ASEAN sambut komitmen Indonesia perangi kabut asap
A A A
Sindonews.com – ASEAN menyambut postif komitmen dan keseriusan Indonesia untuk memerangi situasi kabut asap berkepanjangan, dengan menyetujui untuk meratifikasi Perjanjian ASEAN mengenai Polusi Asap Lintas Batas.

Sekjen ASEAN, Le Luong Minh, mengatakan, langkah tersebut menunjukkan, bahwa Pemerintah Indonesia siap untuk memobilisasi sumber daya yang tersedia untuk memadamkan api dan memberantas masalah kabut.

"Ini adalah semangat kerja sama dan dengan keberhasilan ini, kita mampu mencapai kesepakatan kami," kata Luong Minh, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (18/7/2013). Pernyataan ini disampaikan Luong Minh, saat konferensi pers bersama di Kuala Lumpur, pada hari terakhir pertemuan gugus tugas tiga hari untuk mencari solusi terhadap masalah kabut.

Malaysia menjadi tuan rumah Pertemuan ke-15 Kelompok Kerja Teknis dan Komite Pengarah Menteri Sub-Regional Polusi Asap Lintas Batas. Menteri Lingkungan Hidup dari Malaysia, Brunei, Indonesia, Singapura, dan Thailand berkumpul untuk pertemuan, yang dimulai pada awal pekan ini.

Pada Juni lalu, kebakaran hutan di pulau Sumatera telah mengakibatkan Singapura dan Malaysia dilanda kabut asap terburuk dalam lebih dari satu dekade.

Satu hari sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup RI, Balthasar Kambuaya mengatakan, Indonesia berharap untuk meratifikasi perjanjian regional pada akhir tahun ini atau awal 2014, untuk memerangi asap dari kebakaran hutan yang membawa penderitaan bagi jutaan orang di kawasan tersebut.

Luong Minh juga mendesak untuk terus meningkatkan kewaspadaan pada kemungkinan terulangnya munculnya kabut asap dan cara-cara untuk meningkatkan sistem pemantauan. "Negara-negara yang bersangkutan harus siap untuk melatih dan mendidik otoritas dan badan-badan terkait untuk mencegah situasi kabut," katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)