Kapal bermuatan 150 pencari suaka karam di wilayah Australia

Selasa, 16 Juli 2013 - 22:57 WIB
Kapal bermuatan 150...
Kapal bermuatan 150 pencari suaka karam di wilayah Australia
A A A
Sindonews.com – Sebuah kapal yang membawa sekitar 150 pencari suaka terbalik di dekat Pulau Christmas, Australia, Selasa (16/7/2013). Angkatan Laut Australia berhasil menyelamatkan sebagian besar dari mereka.

Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) mengatakan, dua kapal milik Angkatan Laut Australia berada di lokasi 70 mil laut dari Pulau Christmas. "Ada sekitar 150 orang di atas kapal itu," kata seorang juru bicara AMSA.

"Ketika terbalik, dua kapal Angkatan Laut Australia berada di tempat kejadian dan berhasil menyelamatkan sebagian besar dari mereka dan mengangkat mereka keluar dari air,” lanjutnya. Sebelumnya, perahu itu telah melayangkan panggilan darurat dan dikawal ke Pulau Christmas oleh HMAS Albany, ketika akhirnya terbalik akibat cuaca buruk.

Laporan-laporan mengatakan, beberapa orang di dalam perahu itu telah mengenakan pelampung penyelamat dan pesawat milik Angkatan Udara Australia telah menjatuhkan rakit ke arah para pengungsi yang terjebak di air laut.

Ratusan pencari suaka tenggelam dalam pelayaran yang berbahaya menuju Australia dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat, lebih dari 13 ribu pencari suaka tiba di Australia dengan perahu sejak 1 Januari 2013.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4997 seconds (0.1#10.140)