Bentrok di Kairo, 7 orang terbunuh, 261 terluka

Selasa, 16 Juli 2013 - 17:09 WIB
Bentrok di Kairo, 7 orang terbunuh, 261 terluka
Bentrok di Kairo, 7 orang terbunuh, 261 terluka
A A A
Sindonews.com - Tujuh orang tewas dan 261 terluka di Kairo, semalam. Bentrokan itu melibatkan tiga kubu, yakni pendukung Mohamed Morsi (Presiden Mesir yang dilengserkan militer), penentang Morsi dan aparat keamanan Mesir.

Kepala layanan darurat Mesir, Mohamed Sultan, mengatakan kepada Reuters, pada Selasa (16/7/2013), bahwa, dua orang tewas di sebuah jembatan di pusat kota Kairo. Sedangkan lima korban tewas lainnya lagi ditemukan di Kabupaten Giza, Ibu Kota Kairo.

Sementara Kementerian Dalam Negeri Mesir menyatakan, empat polisi Mesir yang terdiri dari dua perwira dan dua wajib militer dirawat di rumah sakit. Namun, kementerian itu tidak menyebut jelas, apakah empat polisi yang terluka terlibat dalam bentrokan semalam atau tidak.

Bentrokan itu terjadi, setelah utusan senior AS, berkunjung ke Mesir, dan mengatakan Mesir telah diberi kesempatan kedua untuk menciptakan demokrasi. Pertemuan Wakil Menlu AS, William Burns, dengan presiden interim Mesir, Adly Mansour, juga dikecam kelompok pendukung Morsi, Ikhwanul Muslimin.

Selama sepekan, lebih dari 50 orang pendukung Morsi terbunuh dalam kekerasan di Mesir, sejak Morsi digulingkan 3 Juli 2013 lalu. Bentrokan ratusan pendukung Morsi dengan polisi kemarin, diwarnai dengan pemblokiran jembatan utama di Kairo, namun tidak bertahan lama. Belum ada laporan korban jiwa dan luka dalam insiden itu.

Para demonstran pro Morsi dalam aksinya memanggil-manggil nama kepala angkatan bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi yang dianggap paling bertanggung jawab dalam pelengseran Morsi.

Mereka berdemo di luar masjid Rabaa al-Adawiya dan di Universitas Kairo, untuk menuntut pemulihan jabatan Morsi sebagai Presiden Mesir. ”Keluar, Sisi," teriak beberapa demonstran, mengacu pada Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, dikutip BBC, Selasa (16/7/2013).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6965 seconds (0.1#10.140)