Iran bantah bangun situs nuklir bawah tanah

Sabtu, 13 Juli 2013 - 02:36 WIB
Iran bantah bangun situs nuklir bawah tanah
Iran bantah bangun situs nuklir bawah tanah
A A A
Sindonews.com – Iran membantah tuduhan kelompok oposisi negara itu, Dewan Nasional Perlawanan Iran (NCRI), yang menyatakan bahwa Iran secara diam-diam telah membangun fasilitas nuklir bawah tanah yang baru.

"Berita ini sama sekali tidak benar dan ditolak," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi, dikutip dari Mehr News Agency, Jumat (12/7/2013). Pemerintah Iran menyatakan, program energi nuklir mereka sepenuhnya bertujuan damai dan menolak tuduhan pembuatan senjata nuklir.

Satu hari sebelumnya, NCRI yang berada di pengasingan, mengakuu mendapatkan laporan yang bisa dipercaya. NCRI menyatakan telah memperoleh informasi yang bisa "diandalkan" tentang sebuah kompleks terowongan yang sedang dibangun di daerah pegunungan dekat kota Damavand, sebelah timur ibukota Teheran.

Tuduhan NCRI ini menarik respon hati-hati dunia internasional. Pengawas nuklir PBB dan Perancis, salah satu dari enam kekuatan dunia mencoba diplomatis menyelesaikan sengketa nuklir dengan Iran, mengatakan, mereka akan mengkaji hal tersebut.

NCRI sendiri, yang berusaha mengakhiri pemerintahan teokratis Islam di Iran, adalah sayap politik Organisasi Mujahidin Rakyat Iran (PMOI), yang berperang bersama pasukan Saddam Hussein dalam perang Iran-Irak pada 1980-an.

"Klaim ini merupakan kelanjutan dari cerita tentang (PMOI), kelompok yang sudah hancur," kata Araqchi, seperti dikutip dari Reuters. Menurutnya, NCRI adalah organisasi "teroris" dan tidak memiliki kredibilitas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7019 seconds (0.1#10.140)