Tolak kudeta, pendukung Morsi serukan jihad di Mesir

Jum'at, 05 Juli 2013 - 18:21 WIB
Tolak kudeta, pendukung...
Tolak kudeta, pendukung Morsi serukan jihad di Mesir
A A A
Sindonews.com – Massa dari berbagai kelompok pendukung Mohamed Morsi menggelar demonstrasi pada Jumat (5/7/2013). Massa yang marah setelah Morsi digulingkan dari jabatannya sebagai Presiden Mesir, menyerukan jihad di seluruh negeri.

Demo penolakanpelengseran Morsi berlangsung di luar Masjid Rabaa Adaweya, pinggir Kota Kairo. Massa pendukung Morsi itu telah dikumpulkan sejak pekan lalu. Sementara, pihak militer mengerahkan kendaraan lapis baja dan membuat barikade darurat.

Ribuan orang berkerumun di lokasi tersebut. Beberapa di antaranya, meneriakkan slogan-slogan pro-Mursi.”Turun, turun dengan kekuasaan militer!,” teriak mereka, menyindir pelengseran Morsi. ”Kami menyerukan jihad di seluruh negeri,” kata mereka, dikutip Reuters.

Pihak militer justru berakrobat dengan pesawatnya di udara dengan mengeluarkan asap merah, putih dan hitam sebagai simbol bendera Mesir. ”Kami akan terus mengamankan tempat protes dengan pasukan, dan jet jika perlu, untuk membuat para demonstran pro-dan anti-Morsi tidak berseteru,” kata sumber militer Mesir.

Militer Mesir menyatakan, akan mengawal demonstrasi itu. Mereka bersikeras tidak ada kudeta di Mesir, karena yang dilakukan militer hanya mengindahkan kehendak rakyat yang minta Morsi mundur dari kursi presiden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)