Morsi mengundurkan diri sebagai Presiden Mesir atau dipecat

Rabu, 03 Juli 2013 - 14:58 WIB
Morsi mengundurkan diri sebagai Presiden Mesir atau dipecat
Morsi mengundurkan diri sebagai Presiden Mesir atau dipecat
A A A
Sindonews.com – Menjelang habisnya ultimatum pihak militer Mesir untuk mengatasi konflik politik, memicu spekulasi nasib Presiden Mesir, Mohamed Morsi pada dua hal, mengundurkan diri atau dipecat dari jabatannya. Sementara itu, pihak militer menepis sudah mengeluarkan spekulasi itu.

Sepekulasi soal nasib Morsi itu menjadi laporan koran unggulan Negara Mesir, al-Ahram, Rabu (3/7/2013). Koran itu menulis, Presiden Mohamed Morsi diperkirakan mengundurkan diri secara baik-baik atau dipecat dari jabatannya pada Rabu, tepat pada habisnya ultimatum militer Mesir.

Al-Ahram, menyatakan, peta jalan militer diyakini akan mendirikan tiga anggota Dewan Kepresidenan yang diketuai oleh Kepala Mahkamah Konstitusi Agung. ”Belajar dari akan berakhirnya ultimatum selama 48 jam oleh angkatan bersenjata, ada satu dari dua kemungkinan; akan baik jika Morsi mengumumkan pengunduran dirinya sendiri,” tulis al-Ahram dikutip Reuters.

”Atau (dia) mendeklarasikan pemindahan kekuasaan melalui peta jalan damai untuk masa depan yang ditetapkan oleh angkatan bersenjata,” lanjut al-Ahram.

Al-Ahram mengatakan, kemungkinan pemerintahan transisi akan dipimpin seorang pemimpin militer. Masa transisi akan berlangsung sembilan sampai 12 bulan, sampai konstitusi baru disusun untuk menetapkan Pemilu guna memilih presiden baru.

Menteri Pertahanan Mesir, Abdel-Fattah al-Sisi mengatakan, bahwa tentara akan mati untuk membela rakyat terhadap teroris, dan ekstremis bodoh. ”Hal ini lebih terhormat bagi kita untuk mati daripada membiarkan rakyat Mesir diintimidasi atau diancam,” tulis administrator militer di laman Facebook-nya, mengutip pernyataan Sisi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6851 seconds (0.1#10.140)