Tentara Mesir siap diterjunkan ke sejumlah kota

Selasa, 02 Juli 2013 - 23:19 WIB
Tentara Mesir siap diterjunkan ke sejumlah kota
Tentara Mesir siap diterjunkan ke sejumlah kota
A A A
Sindonews.com – Tentara Mesir sedang mempersiapkan diri untuk disebar ke Kairo dan kota-kota lain, jika diperlukan untuk mencegah bentrokan antara faksi-faksi politik yang bersaing. Demikian disampaikan oleh sumber-sumber militer, Selasa (2/7/2013), seperti dikutip dari Reuters.

Sumber-sumber mengatakan kepada Reuters, bahwa pasukan reaksi cepat sudah siap sejak akhir pekan lalu untuk melindungi demonstran dari serangan. Militer Mesir bersikap waspada terhadap elemen militan di antara kedua kubu, kaum Islamis dan penentang pemerintah, termasuk sisa-sisa aparat keamanan internal mantan diktator Mesir, Hosni Mubarak.

Helikopter tempur Apache milik militer, nampak mengitari pusat kota Kairo pada Selasa sore, di mana ribuan demonstran anti-Morsi yang berkumpul di Tahrir Square. Sebelumnya, Kepala Angkatan Bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, telah memberikan batas waktu 48 jam pada semua pihak untuk mengakhiri krisis.

Sementara itu, seorang pemimpin Ikhwanul Muslimin, Mohamed al-Beltagui, mendesak warga Mesir untuk berdiri tegak dan siap mengorbankan hidup guna mencegah kudeta. Sikap ini dinyatakan al-Beltagui untuk menanggapi ultimatum militer.

"Mencari syahid untuk mencegah kudeta ini adalah apa yang bisa kita tawarkan kepada para martir revolusi sebelumnya," kata al-Beltagui. Ia mengacu pada lebih dari 800 orang yang tewas selama pemberontakan 2011 yang menggulingkan Mubarak.

“Front mempercayakan ElBaradei, dengan tanggung jawab untuk memastikan pelaksanaan tuntutan rakyat Mesir dan untuk merancang sebuah skenario yang mengarah pada implementasi lengkap dari peta jalan untuk transisi politik," sebut pernyataan oposisi Mesir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5233 seconds (0.1#10.140)