Roket Rusia pembawa 3 satelit jatuh di Kazakhstan

Selasa, 02 Juli 2013 - 12:01 WIB
Roket Rusia pembawa 3 satelit jatuh di Kazakhstan
Roket Rusia pembawa 3 satelit jatuh di Kazakhstan
A A A
Sindonews.com - Sebuah roket berawak Rusia, yang membawa tiga satelit navigasi mengalami kecelakaan sesaat lepas landas dari fasilitas peluncuran di Baikonur, Rusia. Roket itu jatuh di wilayah Kazakhstan pada Selasa (2/7/2013).

Media Rusia melaporkan tidak ada korban cedera dalam insiden itu. Stasiun Televisi Rossiya-24, menayangkan cuplikan dari roket Proton-M, beberapa detik setelah lepas landas. Roket itu lantas runtuh terbakar di udara dan jatuh dengan bola api besar di dekat lokasi peluncuran.

”Para personel yang bertugas di lokasi lepas landas roket itu, selamat,” tulis Reuters, mengutip laporan kantor berita Interfax dari sumber anonim.

Interfax melaporkan,otoritas darurat Kazakhstan sedang berupaya untuk mengevakuasi warga yang berada di sekitar jatuhnya roket. Karena, dikhawatirkan terkontaminasi bahan bakar beracun dari roket yang kecelakaan tersebut.

Menurut laporan Stasiun Televisi Rossiya-24, estimasi kerugian dari tiga satelit yang diangkut roket nahas itu, sekitar USD 200 juta. Dugaan sementara, roket itu kecelakaan karena ada gangguan mesin.

Rusia meningkatkan belanja untuk kepentingan misi ruang angkasa dan rencana penyelidikan ke bulan tahun 2015 mendatang. Tapi program perintis yang menempatkan manusia pertama di luar angkasa pada tahun 1961 itu, telah terganggu dalam beberapa tahun terakhir, termasuk gagalnya peluncuran satelit ke Mars.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5427 seconds (0.1#10.140)