Polisi Brazil & geng narkoba baku tembak, 9 tewas

Rabu, 26 Juni 2013 - 09:08 WIB
Polisi Brazil & geng narkoba baku tembak, 9 tewas
Polisi Brazil & geng narkoba baku tembak, 9 tewas
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya sembilan orang tewas ditembak dan sembilan lainnya luka-luka dalam baku menembak antara polisi dan geng pengedar narkoba di sebuah daerah kumuh di Kota Rio de Janeiro, Brazil, Selasa (25/6/2013). Demikian disampaikan sumber di kota itu, dikutip Xinhua, Rabu (26/6/2013).

Di antara para korban adalah Sgt. Ednelson Jeronimo dos Santos Silva, 42, seorang wakil petugas Satuan Polisi Operasi Khusus Militer Rio (BOPE).

Penembakan itu terjadi di kompleks perumahan Da Mare, di daerah kumuh Rio de Janeiro utara. Kota itu telah diduduki polisi selama berbulan-bulan sebagai bagian dari upaya pengamanan wilayah yang kerap dilanda aksi kekerasan. Pengamanan juga dalam rangka persiapan penyelenggaraan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Pihak kepolisian mengatakan, sejak Senin malama polisi melancarkan perburuan sekelompok pengacau yang telah menghasut warga untuk menjarah selama gelombang demonstrasi anti-pemerintah meletus di sepanjang kota utama di Brazil.

”Dalam baku tembak, petugas BOPE tewas bersama penduduk Favela,” tulis Xinhua, mengutip keterangan kepolisian setempat. Kemudian, sekitar 400 anggota Polisi Militer Rio de Janeiro dan Angkatan Keamanan Nasional menyerbu Favela. Baku tembak kembali terjadi, dan menyebabkan tujuh orang tewas, termasuk enam pengedar obat bius.

Sembilan orang dilaporkan terluka, 10 orang ditangkap, termasuk remaja berusia 16 tahun. Dalam operasi itu, polisi menyita lebih dari 10 ribu bungkus kokain dan ganja. Serta empat senapan, dua senapan mesin dan lima pistol, rompi anti-peluru, printer, dua mobil dan lima sepeda motor. Took dan sekolah ditutup selama baku tembak terjadi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4843 seconds (0.1#10.140)