Lindas bom rakitan, ayah & 3 anaknya tewas di Afghanistan

Selasa, 04 Juni 2013 - 16:39 WIB
Lindas bom rakitan,...
Lindas bom rakitan, ayah & 3 anaknya tewas di Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Ledakan akibat bom rakitan yang tertanam di pingggir jalan kembali terjadi di Afghanistan. Ledakan kali ini menewaskan ayah dan tiga orang anaknya, Selasa (4/6/2013) pagi waktu setempat di sisi barat Provinsi Farah, Afghanistan.

"Sebuah bom rakitan meledak di Distrik Lash Wa Juwayn, pukul 7 pagi. Keluarga yang mengendarai mobil tersebut sedang dalam perjalanan dari pusat distrik menuju suatu wilayah desa terdekat," ungkap Abdul Rahman Zhwandy, Juru Bicara Provinsi Farah.

"Satu-satunya korban selamat dalam insiden tersebut adalah sang ibu, sekaligus istri pria yang tewas," ungkap Zhwandy.Ia menambahkan, penduduk setempat yang menyaksikan insiden tersebut bergegas menyelamatkan korban yang terluka dan mati ke rumah sakit terdekat.

Hingga kini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Namun, gerilyawan Taliban sering menggunakan bom pinggir jalan untuk melumpuhkan pasukan asing pimpinan Amerika Serikat dan tentara Pemerintah Afghanistan.

Masih kerap terjadinya aksi kekerasan membuat sejumlah pihak khawatir tentang kondisi keamanan negara itu pasca penarikan pasukan asing pada 2014 mendatang.
Banyak pihak yang ragu, polisi dan tentara Afghanistan mampu mengambil alih tanggung jawab keamanan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan PBB pada Februari lalu, sebanyak 2.754 warga sipil tewas, sementara 4.805 orang terluka akibat aksi kekerasan yang berhubungan dengan konflik di Afghanistan sepanjang 2012 lalu.

Laporan itu mengatakan, 81 persen penyebab kematian warga sipil adalah serangan bom yang dilancarkan oleh Taliban dan kelompok bersenjata di Afghanistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2566 seconds (0.1#10.140)