4 WNI korban kapal Rusia karam pulang ke Indonesia

Senin, 11 Februari 2013 - 09:52 WIB
4 WNI korban kapal Rusia...
4 WNI korban kapal Rusia karam pulang ke Indonesia
A A A
Sindonews.com - Empat pelaut Warga Negara Indonesia (WNI) yang selamat saat kapal nelayan Rusia, Chance-101 yang terbalik di laut Jepang akhir bulan lalu, hari ini kembali ke tanah air, Senin (11/2/2013). Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia mengatakan mereka kembali ke Indonesia setelah keluar dari rumah sakit di Kholms, Shakalin.

Vladimir Nosov, perwakilan Kemenlu Rusia di wilayah timur mengatakan, empat orang pelaut tersebut dijadwalkan untuk kembali ke Indonesia pada Jumat (8/2/2013) atau sepekan setelah keluar dari rumah sakit. Namun, jadwal keberangkatan mereka dibatalkan karena kondisi cuaca yang buruk.

"Setelah kondisi cuaca membaik para pelaut Indonesia dari Chance-101 berangkat menuju Seoul kemudian lanjut menuju Indonesia," terang Nosov seperti dilansir RIA Novosti.

Kapal nelayan Chance-101 yang mengangkut 30 awak, yang terdiri dari 19 warga Rusia dan 11 warga Indonesia terbalik saat melintas di perairan Jepang, 50 km dari wilayah Primorye, perairan Rusia, Minggu (27/1/2013). Kapal itu tenggelam setelah dihantam dua gelombang besar. Sementara itu, tim penyelamat Rusia hanya berhasil menemukan 21 awak, empat diantaranya merupakan empat warga Indonesia.

Sampai berita ini diturunkan, nasib tujuh orang awak kapal asal Indonesia lainnya belum dapat dipastikan. Sebelumnya, Juru Bicara Badan Penyidik Transportasi Regional Natalya Salkina mengatakan korban meninggal berjumlah delapan orang. Mereka kehilangan nyawa setelah membeku di dalam sekoci.

"Ada 18 orang di atas sekoci dan delapan diantara mereka meninggal karena hypothermia. Jenazah yang meninggal dibuang untuk mengurangi berat sekoci,” ungkap Salkina, dikutip AFP.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2508 seconds (0.1#10.140)