Helikopter AS jatuh di Afghanistan

Kamis, 07 Februari 2013 - 18:57 WIB
Helikopter AS jatuh di Afghanistan
Helikopter AS jatuh di Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Pasukan bantuan keamanan NATO untuk Afghanistan (ISAF) menyatakan, sebuah helikopter milik pasukan Amerika Serikat (AS) yang beroperasi di wilayah timur Afghanistan jatuh, Kamis (7/2/2013).

"Saya mengkonfirmasi bahwa helikopter milik pasukan ISAF jatuh di Provinsi Kapisa, wilayah timur Afghanistan, hari ini," kata juru bicara ISAF seperti dilansir Presstv.

"Kami sedang menyelidiki penyebabnya jatuhnya helikopter tersebut. Tapi berdasarkan laporan awal, tidak ditemukan adanya indikasi aktivitas musuh di daerah tersebut. Dalam laporan tersebut juga disebutkan tidak ada korban tewas," lanjut pernyataan ISAF.

Di suatu lokasi, kelompok militan Taliban Afghanistan mengklaim, bahwa mereka telah menembak jatuh helikopter tersebut. "Kami telah menembak jatuh sebuah helikopter dengan sebuah serangan roket di Distrik Tagab, Provinsi Kapisa. Semua tentara yang berada dalam helikopter tersebut tewas, setelah helikopter tersebut jatuh," ungkap pengakuan anggota Taliban.

Mehrabuddin Safi, Gubernur Kapisa pun mengkonfirmasi insiden itu. "Kami sedang menyelidiki penyebab kecelakaan dan kemungkinan jatuhnya korban jiwa," ungkap Safi.

Insiden penyerangan terhadap helikopter tentara asing bukan yang pertama terjadi di Afghanistan. Pada 2011 lalu, Taliban menembak jatuh sebuah helikopter di wilayah timur Provinsi Wardak. Dilaporkan, 31 orang anggota pasukan tewas dalam serangan tersebut.

Serangan tersebut merupakan kerugian tunggal terbsar yang diderita oleh AS sejak mereka melancarkan invasi pada 2001 lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5215 seconds (0.1#10.140)