Iran kembali lontarkan ancaman akan tutup Selat Hormuz

Kamis, 24 Januari 2013 - 20:58 WIB
Iran kembali lontarkan ancaman akan tutup Selat Hormuz
Iran kembali lontarkan ancaman akan tutup Selat Hormuz
A A A
Sindonews.com – Iran kembali melontarkan ancaman akan menutup selat Hormuz, jika Amerika Serikat (AS) terus melakukan tekanan terkait program nuklir Iran. Hal ini disampaikan Duta Besar Iran untuk Baghdad, Hassan Danaie, Kamis (23/1/2013).

Menurut Danaie, AS tak memiliki apa-apa lagi untuk menekan Teheran atas program nuklir, kecuali menyatakan perang. Jika ini terjadi, Iran akan menutup Selat Holmuz yang menjadi jalur utama lalu-lintas minyak dunia.

"Apa lagi yang Presiden Barack Obama dapat lakukan?," ujar Danaie melalui penerjemah Kedutaan Besar Iran, seperti dikutip dari The Daily Star. “Satu-satunya pilihan yang tersisa di atas meja adalah perang. Apakah untuk keuntungan mereka Apakah? Untuk kepentingan dunia? Apakah untuk kepentingan daerah?" ujarnya.

Diplomat itu mengatakan, bahwa jika Teheran merasa tengah menghadapi "masalah," maka Iran akan berada dalam hak "untuk bereaksi dan untuk membela diri."

Ketika ditanya apakah itu artinya Iran bisa saja mencoba untuk menutup selat Hormuz, Danaie menyatakan hal itu mungkin terjadi. “Jika ada beberapa gerakan dan tindakan dari musuh-musuh kita, termasuk AS untuk melawan kami, sebagai bagian dari reaksi alamiah, (penutupan selat Hormuz) mungkin saja terjadi,” jelasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6271 seconds (0.1#10.140)