China eksekusi pembunuh kanibal

Kamis, 10 Januari 2013 - 21:43 WIB
China eksekusi pembunuh kanibal
China eksekusi pembunuh kanibal
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China melakukan eksekusi mati pada seorang pembunuh berantai, Zhang Yongming (57), Kamis (10/1/2013). Terdakwa terbukti bersalah telah melakukan pembunuhan terhadap 11 orang dan dijatuhi vonis hukuman mati pada Juli 2012.

“Zhang dikawal ke tempat eksekusi dan dihukum mati,” sebut laporan kantor berita Xinhua. Bukan hanya jumlah korban yang dibunuh yang membuat kasus ini menyita perhatian luas, tapi juga perlakuan Zhang terhadap para korbannya.

Menurut Xinhua, Zhang telah memakan dan memotong-motong, serta menjual daging korbannya di sebuah pasar di sebelah barat daya China. Konsumen yang membeli daging itu tidak curiga, karena Zhang mengaku bahwa daging itu adalah daging burung unta.

Sebuah surat kabar terbitan Hong Kong mengatakan, polisi telah menemukan bola mata manusia yang diawetkan di dalam botol anggur. Selain itu, juga ditemukan potongan yang tampak seperti daging manusia. Potongan daging itu telah dijemur hingga kering di rumah Zhang.

Sebuah koran lokal mengutip penduduk desa tempat Zhang tinggal mengatakan, mereka telah melihat tas plastik hijau tergantung d rumah Zhang. Dari kantong plastik itu terlihat tulang-tulang putih menonjol keluar.

Pemerintah China tidak mempublikasikan data statistik eksekusi di negara tersebut. Kelompok advokasi yayasan Duihua memperkirakan, bahwa sekitar 4.000 tahanan dieksekusi pada tahun 2011, jumlah ini menurun 50 persen sejak 2007.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5724 seconds (0.1#10.140)