4 awak kapal pesiar Italia mengidap meningitis

Selasa, 09 Oktober 2012 - 19:37 WIB
4 awak kapal pesiar Italia mengidap meningitis
4 awak kapal pesiar Italia mengidap meningitis
A A A
Sindonews.com – Empat awak kapal pesiar Italia, MSC Orchestra, dilaporkan mengidap bakteri meningitis. Mereka diduga mengidap meningitis meningococcal yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis dapat disebabkan berbagai organisme seperti virus, bakteri ataupun jamur, yang menyebar masuk ke dalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak.

Petugas kesehatan setempat pun langsung membagikan antibiotik untuk para penumpang kapal, sesaat setelah kapal pesiar itu merapat di pelabuhan Livorno, Italia, Senin (8/10/2012). Seperti dikutip dari CNN.com, Kementerian Kesehatan Italia langsung mengambil tindakan cepat untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

“Empat awak itu langsung dibawa ke rumah sakit di pelabuhan Livorno, setelah awak MSC Orchestra melaporkan adanya penyakit ini. Meningitis ditemukan pada kru yang bekerja di dapur. Melihat lokasi kerja, seharusnya empat awak ini tak memiliki kontak rutin atau berada dekat penumpang,” sebut pernyataan Kementerian Kesehatan Italia.

Menurut pernyataan itu, lebih dari 2.800 dosis antibiotik ciprofloxacin dan rifampisin telah dibagikan pada para penumpang. Kementerian Kesehatan Italia juga mengatakan, para penumpang yang telah turun dari kapal dalam kurun sepekan terakhir ini juga harus menjalani tindakan pencegahan yang sama.

Sebelum tiba di Livorno, kapal berkapasitas 2.500 penumpang itu sempat singgah dan menurunkan penumpang di pelabuhan Villefranche sur Mer, Nice, Prancis. Pihak berwenang Italia mengaku sudah menginformasikan kasus meningitis ini pada pihak Prancis. Sementara perusahaan operator MSC Orchestra, mengatakan, pihaknya akan melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk menjaga kesehatan para tamu dan semua awak kapal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5548 seconds (0.1#10.140)