Tutu diberi penghargaan USD 1 juta

loading...
Tutu diberi penghargaan USD 1 juta
Tutu diberi penghargaan USD 1 juta
Sindonews.com –Uskup Agung asal Afrika Selatan, Desmond Tutu (81) diberi penghargaan USD 1 juta oleh Mo Ibrahim Foundation. Seperti dikutip dari iafrica.com, Kamis (4/10/2012), hadiah diberikan atas sikap Tutu yang selalu berbicara benar dan tegas soal kekuasaan di benua Afrika. Penghargaan akan diberikan pada 12 Oktober di London, Inggris.

Apa yang dilakukan Tutu sejalan dengan tujuan didirikannya Mo Ibrahim Foundation. Yayasan ini didirikan pada Oktober 2006 untuk mendukung terciptanya pemerintahan yang baik di kawasan Afrika. Yayasan yang berbasis di London ini didirikan oleh Dr. Mo Ibrahim, seorang dermawan dan pengusaha asal Sudan. Ibrahim adalah pendiri dan pemilik perusahaan telekomunikasi Celtel International.

Berbicara di sebuah hotel mewah di Johannesburg, Afrika Selatan, Mo Ibrahim mengatakan kalau penghargaan itu diberikan sebagai pengakuan atas sikap dan tindakan Tutu. “Ia memiliki komitmen seumur hidup untuk berbicara tentang kebenaran kepada para pemegang kekuasaan,” ujar miliuner asal Sudan itu.

Sejak berdiri 7 tahun lalu, Mo Ibrahim Foundation telah tiga kali memberikan penghargaan tahunan dan satu penghargaan khusus untuk Nelson Mandela. Penghargaan diberikan kepada Kepala Negara di Afrika yang terpilih secara demokratis atau pemerintah yang telah menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa.

Figur yang pernah mendapat penghargaan senilai jutaan USD dari Mo Ibrahim Foundation adalah mantan Predisen Mozambik, Joaquim Chissano, Festus Mogae dari Botswana, dan Pedro Pires dari Cape Verde. Pada 2009 dan 2010, Mo Ibrahim foundation tidak memberi penghargaan, mereka berpendapat tidak ada kandidat yang cocok untuk dianugerahi penghargaan.

(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top