300 juta jiwa warga India tak terima pasokan listrik

Senin, 30 Juli 2012 - 21:35 WIB
300 juta jiwa warga India tak terima pasokan listrik
300 juta jiwa warga India tak terima pasokan listrik
A A A
Sindonews.com - Kekacauan melanda sepanjang kawasan utara India, pada Senin (30/07/2012), setelah listrik di wilayah tersebut padam. Belum diketahui secara pasti apa penyebab pemadaman itu.

Pemadaman listrik dimulai pada pukul 02.30 waktu setempat (04.30 WIB) setelah jaringan Listrik Kawasan Utara India padam. Akibatnya, 300 juta jiwa penduduk India yang tinggal di negara bagian Delhi, Haryana, Himachal Pradesh, Jammu and Kashmir, Madhya Pradesh, Punjab, Rajasthan, Uttarakhand dan Uttar Pradesh tidak mendapatkan pasokan listrik selama 6 jam.

Menteri Kelistrikan India Sunil Kumar Shinde memaparkan, sebagian besar suplai listrik telah dipulihkan dan sisanya akan dihidupkan dalam waktu dekat. Menjelang siang, Shinde mengklaim 80% suplai listrik telah berhasil dinyalakan kembali.

Belum jelas apa penyebab padamnya aliran listrik itu, tapi laporan menyebutkan beberapa negara bagian kemungkinan telah menggunakan listrik lebih dari yang diwenangkan. “Itu salah satu alasan mengapa listrik padam,” ujar Shinde.

Kepada BBC, Shinde memaparkan, telah menunjuk sebuah komisi untuk menyelidiki penyebab pemadaman yang merupakan salah satu yang terburuk dalam lebih dari 10 tahun. Komisi itu diberi waktu 15 hari untuk membuat laporan.

Akibat pemadaman itu, kekacauan terlihat dimana-mana. Ribuan penumpang kereta listrik telantar di stasiun di Punjan, Haryana dan Chandigarh. Layanan kereta Metro Delhi juga berhenti selama tiga jam dan baru bisa kembali setelah mendapatkan back-up listrik dari Bhutan. Sementara, kereta The Rajdhani dari Jammu ke Delhi terlambat lebih dari 5 jam.

Padamnya aliran listrik itu juga menyebabkan kemacetan di jalanan karena lampu lalu lintas tidak menyala dan para pengguna jalanan sedang terburu-buru untuk mencapai tempat kerja mereka.
(alv)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3449 seconds (0.1#10.140)