Hillary safari ke tiga negara Asia

Jum'at, 27 April 2012 - 14:08 WIB
Hillary safari ke tiga negara Asia
Hillary safari ke tiga negara Asia
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, direncanakan melakukan safari ke tiga negara Asia. Istri mantan Presiden AS Bill Clinton itu akan mengunjungi China, Bangladesh, dan India awal Mei. Kunjungan Hillary dalam rangka menguatkan hubungan bilateral dengan masing-masing negara.

Pada 3-4 Mei nanti, Hillary akan berada di China, bersama Menteri Keuangan AS, Timothy Geithner. Mereka akan melakukan pembicaraan putaran keempat. Yakni dialog hubungan strategis dan ekonomi China dan AS dalam AS-China dan Ekonomi (S&ED), dengan Wakil Perdana Menteri Wang Qishan dan Penasihat Negara Dai Bingguo.

The S&ED dibentuk pada tahun 2009, guna membantu kedua negara mengelola hubungan bilateral mereka dan mempromosikan komunikasi.

"Seperti tahun tahun sebelumnya, even ini akan dihadiri oleh seluruh pejabat pemerintah dari anggota kabinet, sejumlah kepala dinas dan para ahli dari kedua lembaga negara," ungkap juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland seperti diberitakan dalam peopledaily, Jumat (27/4/2012).

Pada hari yang sama, Hillary juga akan bertemu dengan Penasihat Negara China Liu Yandong AS-China unutuk mengadakan perundingan tinggat tinggi Consultation on People- to-People Exchange (CPE).

"CPE adalah kerja sama China dan AS untuk memperkuat hubungan antar negara dalam bidang budaya, pendidikan, olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan isu-isu perempuan," ungkap Nuland

Kunjungan kemudian di lanjutkan ke Ibu kota Dhaka, Bangladesh. Hillary akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah dan perwakilan masyarakat sipil untuk meninjau penguatan kerja sama dalam hal ekonomi, politik, dan keamanan.

Kunjungan ditutup dengan mengunjungi Ibu kota Calcutta, India. Hillary akan mengadaan pertemuan dengan pejabat negara dan perwakilan organisasi masyarakat sipil. Dalam kunjungan ini, Hillary akan melakukan dialog dengan pemerintah India mengenai kemitraan strategis yang akan diselenggarakan pada 13 Juni di Washington.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5130 seconds (0.1#10.140)