Obama dukung CIA serang Yaman dengan drone

Kamis, 26 April 2012 - 17:23 WIB
Obama dukung CIA serang Yaman dengan drone
Obama dukung CIA serang Yaman dengan drone
A A A
Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama merestui kebijakan baru Central Intelligence Agency (CIA) dan militer AS meluncurkan serangan kepada Yaman dengan mengunakan pesawat tak berawak (Drone).

"Hari ini Presiden AS telah mensahkan izin untuk melakukan penyerangan," ujar salah seorang peajabat militer AS, seperti dikutip The Washington Post, Kamis (26/4/2012).

Pemerintah AS juga mengatakan, serangan pertama pesawat drone terhadap pejuang Al-qaeda terjadi pada awal pekan, di perbatasan Yaman, tepatnya di Provinsi Marib.

Perubahan kebijakan ini menandai ekspansi militer dengan mengunakan drone untuk menyerang berbagai kelompok yang berkolaborasi dengan Al-qaeda yang berada di Yaman. Selain itu, kebijakan baru ini juga ditujukan untuk mempermudah penyerangan teroris bernilai tinggi.

Pengesahan kebijakan baru ini, ditanggapi dengan sikap prihatin oleh beberapa anggota kongres, mereka menolak untuk menandatangani kebijakan tersebut. Kebjikan ini akan menaikan angka pembunuhan terhadap orang yang mungkin tidak memiliki keterkaitan dengan kelompok Al-qaeda. Jika hal ini sampai terjadi, akan memicu kemaran penduduk lokal dan malah mendorong mereka bergabung dengan kelompok melawan AS.

"Semua warga Yaman kini dipersenjatai, jadi bagaimana kita bisa membedakan mereka militan atau bukan," ungkap kongres seperti dibertakan dala The washington post, Kamis (26/4/2012).

Perubahan kebijakan Obama terhadap Yaman belum mendapat persetujuan dari pemerintah Yaman. Pada Rabu 25 April, pemerintah Yaman menolak permintaan AS untuk memperluas serangan CIA dan militer AS terhadap kelompok yang mereka nilai sebagai kelompok pemberontak.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5523 seconds (0.1#10.140)