Pakistan tangkap tiga janda Osama

Jum'at, 09 Maret 2012 - 10:59 WIB
Pakistan tangkap tiga janda Osama
Pakistan tangkap tiga janda Osama
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Pakistan menahan tiga orang perempuan yang diduga janda dari Osama Bin Laden. Ketiganya ditahan lantaran memasuki wilayah Pakistan tanpa dokumen yang sah.

Menteri Dalam Negeri Pakistan, Rehman Malik mengatakan bahwa keberadaan janda tersebut diketahui oleh pemerintah setempat setelah dua orang warga melaporkan keberadaan perempuan tersebut. Ketiganya saat ini tengah ditahan. Namun belum bisa diketahui kapan akan menjalani persiddangan.

Tiga orang istri Osama ditemukan bersama 10 orang anak-anak pada bulan Mei tahun lalu ketika pasukan Amerika Serikat (AS) menyerbu rumah mereka.

Ketiga perempuan tersebut dikabarkan tinggal di sebuah komplek perumahan di Abbottabad, sebuah lokasi yang menjadi tempat penyerangan Osama oleh pasukan komando AS.

"Kami terpaksa menahan ketiga janda dan anak-anaknya. Mereka memasuki Pakistan secara Ilegal. Mereka juga terlibat beberapa insiden pemalsuan dan penipuan," ungkap Malik seperti dikutip dalam BBC.co.uk Kamis 8 Maret 2012.

Ketiga perempuan tersebut saat ini tengah ditahan dalam sebuah rumah yang telah dialihfungsi menjadi tahanan. Ketiganya akan menjalani proses persidangan. Sementara anak-anak mereka akan kembali dipulangkan ke negara asal mereka jika ibunya setuju.

Pakar hukum di Pakistan mengatakan hukuman maksimum bagi ketiganya adalah kurungan penjara lima tahun.

Berdasarkan penelurusan wartawan BBC, Ilyas Khan pengadilan untuk perempuan akan berlangsung tertutup, media tetap diperbolehkan untuk meliput.

Osama, mantan orang nomor satu Al-Qaeda ini memiliki kekayaan USD25 juta ini telah tinggal di Pakistan selama lima tahun. Kabarnya Osama memiliki enam orang janda di Pakistan, namun hanya tiga orang diklarifikasi oleh pemerintah Pakistan.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4848 seconds (0.1#10.140)