Mandarin akan jadi bahasa internasional

Rabu, 22 Februari 2012 - 12:34 WIB
A A A
Lee Han Shih, seorang pungusaha multimedia mengatakan, bahasa Inggris secara keuangan tidak menguntungkan. Karena mereka memiliki banyak klien yang mengunakan bahasa China. Inilah bukti pesatnya kemajuan bahasa Mandarin di Singapura.

"Jadi sangat jelas mengapa saya lebih memilih mempekerjakan karyawan yang berbahasa Mandarin," ungkap Lee.

Lee mengatakan, satu hal yang harus dipikirkan, penurunan bahasa diikuti penurunan nilai mata uang dolar, jika nilai mata uang Yen terus meningkat. Brazil dan China telah mengunakan Yen bukan dolar dalam transaksi bisnis. Kedepannya mau tidak mau harus mempelajari bahasa Mandarin.

Direktur Asia Economist Intelligence Manoj Vohra mengatakan dalam beberapa waktu ke depan penguasaan bahasa Mandarin dengan baik mungkin berguna bagi kalangan pebisnis yang akan melakukan ekspansi bisnis, terutama manajer. Mereka pun harus mempu menguasai bahasa Inggris.

Lee mengatakan bahasa Inggris akan tetap populer selama Hollywood masih ada. Keberhasilan film, Kung Fu Panda, Film kartun animasi yang diproduksi oleh Amerika tentang binatang Cina, memembus angka pemasar yang cukup tinggi dan ini sangat menantang bagi China. Selama ini tidak ada film kartun Cina yang mencapai sukses komersial.(azh)
()
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0644 seconds (10.101#12.26)