Pejabat Kongo tewas dalam kecelakaan pesawat

Senin, 13 Februari 2012 - 19:16 WIB
Pejabat Kongo tewas dalam kecelakaan pesawat
Pejabat Kongo tewas dalam kecelakaan pesawat
A A A
Sindonews.com - Pejabat tinggi Kongo menjadi korban kecelakaan pesawat.
Penasihat Presiden Joseph Kabila tewas. Sementara itu, Menteri Keuangan Kongo masih dalam kondisi kritis.

Keduanya hendak melakukan negosiasi dengan koalisi pemerintah yang baru terpilih pada bulan November lalu, pesawat mereka mengalami kecelakaan di wilayah timur Kota Bukavu.

Penasihat Presiden Kongo ini bernama Augustin Katumba Mwanke (58). Berdasarkan informasi yang didapatkan dari diplomatik pemerintah AS Augustin dianggap sebagai kekuatan di balik tahta. ia pernah menjabat menjadi Gubenur Katanga, memiliki pengaruh yang luas di sektor mineral di negara itu.

Berita kematian penasihat presiden ini telah diumumkan secara resmi oleh juru bicara pemerintah. Lambert Mende mengatakan bahwa dalam kecelakaan tersebut pilot nahas tersebut juga dinyatakan tewas.

"Ini adalah sebuah kehilangan besar, dia merupakan pilar utama presiden" ungkap Mende seperti diungkap ABCnews, Senin (13/2/2012).

Dalam pengumuman resmi itu, Mende juga mengatakan bahwa Menteri Keuangan, Matata Ponyo Mapon dan duta besar keliling, Antoine Ghonda mengalami luka serius dan masih dalam keadaan kritis. Sementara seorang Gubenur Kivu, Marcellin Cishambo Rohuya mengalami luka ringan.

Sejauh ini pemerintah resmi Kongo belum menyimpulkan apa penyebab kecelakaan. Namun, seorang juru bicara PBB mengatakan bahwa pesawat kecil ini melampaui batas landasan.

Republik Demokratik Kongo merupakan salah satu negara yang memiliki catatan sistem transportasi yang buruk di dunia.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2822 seconds (0.1#10.140)