Presiden Rauf Denktash wafat

Sabtu, 14 Januari 2012 - 11:44 WIB
Presiden Rauf Denktash wafat
Presiden Rauf Denktash wafat
A A A
Sindonews.com - Presiden pertama Republik Turki Siprus Utara, Rauf Denktash meninggal dunia. Sejumlah stasiun televisi nasional sejak Jumat 13 Januari terus mengabarkan tentang wafatnya presiden sekaligus pendiri Turki Siprus Utara itu. Denktash meninggal di usia 87 tahun, karena sakit.

Menurut pejabat pemerintahan setempat, sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir, Denktash sempat dirawat selama enam hari di rumah sakit. Namun kondisi kesehatannya terus memburuk dan meninggal dunia di rumah sakit tempat dia dirawat, seperti diberitakan Rio Novosti, Sabtu (14/1/2012).

Republik Turki Siprus Utara atau lebih dikenal sebagai Siprus Turki berdiri pada 1983, setelah terjadi kudeta dibantu kekuatan Militer Yunani. Siprus pecah menjadi dua Siprus Turki dan Siprus Yunani.

Denktash kemudian terpilih menjadi presiden pertama secara de fakto (sepihak) saat itu dan diakui oleh pemerintah Turki. Turki-lah pendukung kemerdekaan Siprus Utara selama ini. Kemudian, Denktash kembali memimpin peda pemilihan umum presiden pada 1990, 1995 dan 2000, hingga masa jabatannya berakhir 2005. Sejak itu, Denktash tak memimpin Siprus Turki lagi.

Namun Persatuan Bangsa Bangsa dan masyarakat internasional sampai saat ini tidak mengakui keberadaan dua negara pecahan Siprus. PBB telah mencoba melakukan berbagai upaya negosiasi untuk menyatukan kembali Siprus Turki dan Siprus Yunani namun usaha itu gagal karena Siprus Yunani tidak kunjung menunjukan kesedian untuk reunifikasi. (lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3527 seconds (0.1#10.140)