Taliban siap negosiasi damai dengan Afghanistan

loading...
Taliban siap negosiasi damai dengan Afghanistan
Taliban siap negosiasi damai dengan Afghanistan
A+ A-
Sindonews.com - Kelompok sayap politik Taliban menyatakan pihaknya siap untuk melakukan negosiasi damai untuk mengakhiri perang di Afghanistan. Tetapi mereka tidak akan menyerah untuk melakukan perlawanan bersenjata.

Menurut juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan, mereka sudah berjuang selama 15 tahun untuk membentuk Pemerintahan Islam di Afghanistan. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan keinginan rakyat Afghanistan.

"Negosiasi ini dilakukan untuk membawa perdamaian dan kestabilan di Afghanistan dan tentunya membangun kesepahaman dengan dunia internasional," jelas Mujahid seperti dikutip Associated Press, Kamis (12/1/2012).

"Tetapi negosiasi ini bukan berarti membuat Taliban menyerah dari jalan jihad dan tidak pula menerima konstitusi dari Pemerintahan Afghanistan," lanjutnya.

Selama beberapa bulan terakhir beredar kabar bahwa ada kemungkinan pembicaraan damai antara pasukan koalisi yang dipimpin AS dengan Taliban. Rencananya perundingan damai dengan AS itu akan dilakukan di Qatar.



Washington berupaya menarik Taliban dengan membebaskan beberapa tahanan yang berada di Guantanamo. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton bahkan mengindikasikan akan membuka kantor perwakilan politik Taliban di Qatar.

Namun belum jelas kelanjutan dari upaya perundingan damai ini. Mengingat salah satu syarat yang harus disetujui oleh Taliban untuk rekonsiliasi adalah menerima konstituasi Afghanistan. Dimana mereka harus mengakui Pemerintahan Presiden Hamid Karzai.
()
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top