alexametrics

Italia Perpanjang Lokcdown Nasional hingga Paskah

loading...
Italia Perpanjang Lokcdown Nasional hingga Paskah
Italia Perpanjang Lokcdown Nasional hingga Paskah
A+ A-
ROMA - Pemerintah Italia menyatakan akan memperpanjang lockdown nasional untuk membendung laju pandemi virus Corona jenis baru, Covid-19. Sebelumnya, lockdown nasional di Italia ditetapkan akan berakhir pada Jumat (3/4) mendatang, namun kini diperpanjang hingga datangnya Paskah.

“Evaluasi telah dilakukan untuk memperpanjang semua tindakan penahanan, setidaknya sampai Paskah. Pemerintah akan bergerak ke arah ini,” ujar Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza setelah pertemuan komite ilmiah yang memberi nasihat kepada pemerintah.



Seperti dilaporkan Reuters, Kementerian Kesehatan tidak memberikan tanggal pasti kapan berakhirnya lockdown nasional, tetapi mereka menyatakan akan ada undang-undang yang akan diusulkan pemerintah. Minggu Paskah tahun ini sendiri jatuh pada 12 April mendatang.

Sebelumnya, warga Italia telah menjalani masa lockdown nasional selama tiga pekan terakhir. Sebagian besar toko, bar, dan restoran tutup. Orang-orang juga dilarang meninggalkan rumah mereka untuk semua urusan, kecuali kebutuhan yang sangat penting.

Saat ini, Italia adalah negara dengan jumlah kematian akibat Covid-19 tertinggi di dunia dengan angka tewas mencapai 11.591 jiwa. Korban tewas dalam 24 jam terakhir dilaporkan menyentuh angka 812 jiwa. Namun, penurunan kenaikan jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 telah memberikan setitik harapan.

Presiden Lombardy, Attilio Fontana mengatakan, pembatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pergerakan, pertemuan, dan kegiatan bisnis mencegah peningkatan jumlah kasus baru, dan ini harus dipertahankan.



"Kami berada di jalur yang benar, kami mempertahankan garis (grafik) yang tidak menanjak, tetapi juga tidak menurun," katanya.

Lombardy, yang menjadi lokasi ibukota keuangan Italia Milan, menyumbang hampir 60% dari total kematian di Italia dan sekitar 40% kasus.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top