Dipindah dari Ruang Isolasi, Kesehatan Pendiri WikiLeaks Membaik

Rabu, 19 Februari 2020 - 00:05 WIB
Dipindah dari Ruang Isolasi, Kesehatan Pendiri WikiLeaks Membaik
Dipindah dari Ruang Isolasi, Kesehatan Pendiri WikiLeaks Membaik
A A A
LONDON - Pendiri WikiLeaks Julian Assange tak lagi ditempatkan di ruang isolasi dan kesehatannya membaik.

Perkembangan itu diumumkan juru bicara Assange, Kristinn Hrafnsson. Assange, 48, ditempatkan di penjara berkeamanan tinggi Belmarsh, London.

Assange kini melawan permintaan ekstradisi dari Amerika Serikat (AS) yang menuduhnya dengna 18 dakwaan termasuk konspirasi meretas komputer pemerintah dan melanggar hukum spionase. Dia dapat menghabiskan puluhan tahun di penjara jika dakwaan oleh AS itu terbukti.

Para pendukungnya khawatir dengan kondisi kesehatannya setelah dia hadir dalam kondisi bingung selama pemeriksaan pengadilan pada Oktober. Dia kesulitan menyebutkan umur, nama dan mengatakan dia tak dapat berpikir dengan jernih.

"Assange dipindahkan dari ruang isolasi ke bagian medis di bagian berbeda penjara dengan 40 tahanan lainnya setelah tim hukum dan para tahanan lain menganggap perlakuan pada Assange tidak adil," ujar Hrafnsson.

Hrafnsson menambahkan, "Saya melihat dia sekitar 10 hari lalu. Dia telah membaik berkat tekanan dari tim hukumnya, publik umum, dan yang luar biasa, dari tahanan lain di Penjara Belmarsh agar dia keluar dari ruang isolasi."

Pemeriksaan kasus ekstradisi akan dimulai pada pekan depan. Assange yang lahir di Australia itu menjadi sorotan dunia pada awal 2010 saat WikiLeaks merilis video rahasia militer AS yang menunjukkan serangan pada 2007 oleh helikopter Apache di Baghdad yang menewaskan belasan orang, termasuk dua staf berita Reuters.

WikiLeaks kemudian membuat marah AS karena merilis banyak dokumen militer dan kabel diplomatik yang isinya sangat kontroversial.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3504 seconds (0.1#10.140)