Virus Corona Mewabah, Eksil Uighur Khawatirkan Nasib Penghuni Kamp Tahanan

Kamis, 13 Februari 2020 - 08:55 WIB
Virus Corona Mewabah, Eksil Uighur Khawatirkan Nasib Penghuni Kamp Tahanan
Virus Corona Mewabah, Eksil Uighur Khawatirkan Nasib Penghuni Kamp Tahanan
A A A
PARIS - Anggota minoritas Uighur yang tinggal di pengasingan memberikan peringatan tentang risiko penyebaran virus Corona di kamp-kamp tahanan China. Sejumlah LSM mengatakan ratusan ribu warga Uighur telah ditangkap dan dimasukkan ke dalam kamp tahanan oleh Beijing.

Sejauh ini, angka resmi yang dikeluarkan oleh media pemerintah China tidak memberikan alasan utama untuk kekhawatiran atas wabah COVID-19 di wilayah timur laut Xinjiang yang merupakan rumah bagi warga Uighur, minoritas Muslim yang berbicara bahasa Turki.

Wilayah itu jauh dari pusat penyebaran dan hanya 55 kasus yang telah dilaporkan di wilayah ini sejauh ini. Pasien pertama yang sepenuhnya pulih di wilayah tersebut telah meninggalkan rumah sakit, menurut media resmi.

Lebih dari 1.100 orang telah meninggal di China karena epidemi virus Corona meskipun sebagian besar kematian dan infeksi terjadi di provinsi Hubei, yang ibukotanya Wuhan, adalah pusat penyebaran penyakit tersebut.

Tetapi perwakilan diaspora Uighur memperingatkan ada alasan nyata untuk takut penyebaran virus Corona yang cepat di kamp-kamp tahanan China yang kontroversial.

Virus ini menyebar dari orang ke orang melalui tetesan yang disebarkan dengan bersin atau batuk, dan mengurung sekelompok besar orang bersama-sama, mungkin tanpa akses yang memadai ke sabun dan air pembunuh kuman, akan meningkatkan kemungkinan wabah. (Baca: Sebanyak 99 Warga Wuhan Dikarantina di Xinjiang)

LSM dan para ahli mengatakan China telah mengumpulkan sekitar satu juta orang Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya di kamp-kamp pengasingan, dan sedikit yang diketahui tentang kondisi di dalamnya.

Beijing menegaskan bahwa kamp-kamp tersebut adalah "pusat pelatihan kejuruan" yang diperlukan untuk memerangi terorisme.

"Orang-orang mulai panik. Keluarga kami ada di sana, berurusan dengan kamp dan virus, dan kami tidak tahu apakah mereka punya cukup makanan atau masker," kata Dilnur Reyhan, seorang sosiolog Prancis asal Uighur seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (13/2/2020).

Sebuah petisi yang diposting di Change.org ditandatangani oleh lebih dari 3.000 orang mendesak penutupan kamp untuk mengurangi ancaman.

Ada juga kampanye hashtag media sosial seperti #VirusThreatInThecamps dan #WHO2Urumqi guna mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengirim delegasi ke kota Xinjiang.

"Kita tidak harus menunggu sampai berita ratusan kematian terkait virus Corona di kamp sebelum kita bereaksi," bunyi petisi itu.

"Karena China terus berjuang untuk menahan virus di Wuhan, kita dapat dengan mudah berasumsi bahwa virus akan dengan cepat menyebar ke seluruh kamp dan mempengaruhi jutaan orang jika kita tidak meningkatkan alarm sekarang," sambung pernyataan dalam petisi itu.

Otoritas regional di Xinjiang tidak menanggapi pertanyaan dari AFP tentang tindakan yang diambil untuk mencegah penyebaran virus di kamp. (Baca: China: Informasi Wabah Virus Corona di Xinjiang Jadi Rahasia Negara)

Kongres Uighur Sedunia (WUC), salah satu dari beberapa kelompok yang mewakili warga Uighur di luar China, mengatakan sangat prihatin jika langkah-langkah tidak diambil untuk membatasi penyebaran virus ini, ia dapat dengan cepat menginfeksi sejumlah besar orang di Xinjiang.

"Orang-orang ini berada di negara yang rentan dan melemah karena siksaan dan penganiayaan pemerintah China," kata presiden WUC Dolkun Isa.

"Ini semakin memperparah penderitaan orang-orang Uighur, karena teman-teman dan keluarga kita sekarang berada dalam bahaya yang lebih besar," sambungnya.

Ahli imunologi Prancis Norbert Gualde mengatakan tidak mungkin untuk mengatakan 'tepat' di bawah kondisi apa orang Uighur dan tahanan lainnya tinggal di kamp-kamp China.

"Ada alasan bagus untuk berpikir bahwa penahanan mereka identik dengan pergaulan bebas, tekanan dan ketakutan - semua keadaan yang mendukung penularan virus antara mereka yang diwajibkan tetap dipenjara," ujarnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6080 seconds (0.1#10.140)