Momen Menyentuh Hati, Orangutan Tawarkan Bantuan kepada Manusia

loading...
Momen Menyentuh Hati, Orangutan Tawarkan Bantuan kepada Manusia
Momen Menyentuh Hati, Orangutan Tawarkan Bantuan kepada Manusia
JAKARTA - Momen menyentuh hati yang jarang terlihat dalam interaksi hewan dan manusia berhasil diabadikan oleh seorang fotografer amatir. Momen itu melibatkan satwa khas Kalimantan, Orangutan dengan seorang pria.

Dalam foto tersebut terlihat seekor Orangutan mengulurkan tangan, menawarkan bantuan untuk menyelamatkan nyawa seorang pria yang jatuh ke dalam sungai. Kera besar yang berdiri di tepi sungai itu tampaknya mengira pria tersebut jatuh ke dalam air yang dipenuhi oleh ular.

Foto itu diambil di kawasan hutan konservasi di Kalimantan di mana spesies yang terancam punah itu dilindungi dari pemburu.

Fotografer amatir yang berhasil mengabadikan momen langka itu bernama Anil Prabhakar. Ia pun menuturkan bagaimana momen tersebut berhasil diabadikannya.





Anil menuturkan bahwa ia saat itu tengah keluar untuk trekking dengan teman-temannya. Dalam sebuah momen, ia melihat seorang pria, yang bekerja sebagai bagian dari proyek perlindungan, tengah berada di sungai. Ia kemudian mengetahui jika pria tersebut sedang mengusir ular untuk menjaga orangutan sampai dia kemudian diganggu oleh seekor Orangutan yang ingin tahu. Untuk diketahui, ular adalah musuh bebuyutan Orangutan.

"Seseorang memberi tahu dia ada ular di sungai. Petugas itu kemudian pergi ke sana dan membersihkan semak-semak," tutur Anil.

"Seekor Orangutan datang kemudian datang di tepi sungai dan menonton apa yang dilakukannya. Dia kemudian mendekat dan mengulurkan tangannya," sambungnya seperti dikutip dari Metro, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Anil, pria itu kemudian menolak tawaran bantuan Orangutan itu.

"Petugas itu kemudian menjauh. Saya bertanya kepadanya mengapa dan dia berkata: 'Ini binatang liar, bukan hewan yang kita kenal'," kata Anil menirukan perkataan petugas konservasi.

"Tapi mereka harus melindungi Orangutan," tukasnya.

Diketahui jika pria itu adalah bagian dari Borneo Orangutan Survival Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada 1991.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top