Pasca Pemilu, China Tegaskan Tak Akan Ubah Sikap Soal Taiwan

Minggu, 12 Januari 2020 - 17:50 WIB
Pasca Pemilu, China Tegaskan Tak Akan Ubah Sikap Soal Taiwan
Pasca Pemilu, China Tegaskan Tak Akan Ubah Sikap Soal Taiwan
A A A
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China menyatakan, mereka tidak akan mengubah posisi mengenai Taiwan. Pernyataan ini datang setelah Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen menang telak dalam pemilihan umum (pemilu) di negara itu.

"Tidak peduli apa pun perubahan yang ada pada situasi internal di Taiwan, fakta dasar bahwa hanya ada satu China di dunia dan Taiwan adalah bagian dari China tidak akan berubah," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Pemerintah Cina tidak akan mengubah pendiriannya dengan berpegang pada prinsip satu China dan menentang kemerdekaan Taiwan," sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (12/1/2020).

Dalam pernyataannya, kementerian itu menyebut bahwa konsensus universal komunitas internasional yang berpegang pada prinsip satu China juga tidak akan berubah.

"China berharap dunia akan memahami dan mendukung alasan yang adil orang-orang China untuk menentang kegiatan pemisahan diri dan mewujudkan reunifikasi nasional," ungkapnya.

Sementara itu, Kantor Urusan Taiwan China mengatakan bahwa pihaknya akan tetap mempromosikan "satu negara, dua sistem" untuk Taiwan, sebuah model di mana Beijing mengelola Hong Kong dengan otonomi tingkat tinggi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6050 seconds (0.1#10.140)