Iran: NATO 'Alat' AS, Benarkan Aksi Terorisme Mereka

Kamis, 09 Januari 2020 - 19:54 WIB
Iran: NATO \Alat\ AS, Benarkan Aksi Terorisme Mereka
Iran: NATO 'Alat' AS, Benarkan Aksi Terorisme Mereka
A A A
TEHERAN - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Seyyed Abbas Mousavi mengatakan, komentar Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg tentang serangan terhadap Qassem Soleimani mengabaikan prinsip-prinsip hukum internasional. Stoltenberg mengatakan, NATO memahami alasan AS membunuh Soleimani.

"Membenarkan pembunuhan AS terhadap Soleimani menutup mata terhadap peran komandan besar ini dalam perang yang menentukan dan penting melawan teroris dan ISIS, serta menghilangkan ancaman kelompok teroris biadab dari wilayah dan daerah-daerah di luar, seperti sejauh perbatasan Eropa," kata Soleimani.

Mousavi, seperti dilansir PressTV pada Kamis (9/1/2020), mengatakan, Stoltenberg telah mengejek opini publik dunia dengan membenarkan pembunuhan seorang pejabat tinggi militer Iran yang diundang oleh pemerintah sah Irak.

"Kinerja organisasi militer ini (NATO), yang anggota berpengaruhnya adalah negara teroris dalam skala global, yaitu rezim AS, tidak menghasilkan prestasi dalam beberapa tahun terakhir kecuali kehancuran, perang, dan ketidakamanan bagi orang-orang di kawasan dan dunia," ungkapnya.

Dia lalu menyatakan penyesalannya, bahwa NATO telah menjadi alat untuk membenarkan tindakan AS dan sejumlah sekutunya di Eropa untuk mencapai tujuan politik mereka yang tidak menyenangkan di kawasan itu.

"Iran percaya bahwa keamanan akan kembali ke wilayah tersebut ketika kegiatan teroris pasukan ekstra-regional, beberapa di antaranya aktif di bawah bendera NATO, akan berakhir dan memberikan keamanan regional akan dipercayakan kepada pemerintah daerah," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5855 seconds (0.1#10.140)