Evo Morales Klaim Menang Pemilu, Presiden Brazil Serukan Hitung Ulang

Kamis, 24 Oktober 2019 - 15:31 WIB
Evo Morales Klaim Menang...
Evo Morales Klaim Menang Pemilu, Presiden Brazil Serukan Hitung Ulang
A A A
BRASILIA - Presiden Brazil Jair Bolsonaro menyerukan penghitungan ulang suara dalam pemilu Bolivia. Seruan itu muncul setelah presiden petahana yang berhaluan kiri, Evo Morales, mengklaim kemenangan untuk masa jabatan berikutnya.

Presiden sayap kanan Brazil, Bolsonaro mengatakan, penundaan dalam menerbitkan penghitungan suara untuk pemilu pada hari Minggu mencurigakan.

“Hampir pada akhir penghitungan suara ada penangguhan. Setelah penghitungan dilanjutkan, petahana memenangkan pemilihan. Saya pikir semua orang khawatir tentang pemilihan yang diadakan dengan cara itu,” kata Bolsonaro seperti dikutip dari Reuters, Kamis (24/10/2019).

Presiden Brasil menambahkan bahwa Organisasi Negara-negara Amerika juga mempertanyakan hasil pemilihan setelah Morales mengatakan dia telah memenangkan pemilu putaran pertama.

Morales pada hari Rabu mengulangi klaimnya atas kemenangan, menuduh oposisi berusaha mengatur kudeta setelah aksi protes massa yang dipimpin oposisi mengklaim penghitungan itu dilakukan dengan kecurangan.

Penghitungan suara resmi terbaru menunjukkan Morales meraup 46,49% dengan hampir 97% surat suara diproses, 9,5 poin di depan saingan utama Carlos Mesa. Namun, ia masih kurang dari 10 poin yang diperlukan untuk menang secara langsung dan menghindari putaran kedua.

Ketidakpastian pemilu telah mengguncang Bolivia, yang telah melalui hampir 14 tahun stabilitas dan pertumbuhan relatif sejak Morales berkuasa pada 2006 sebagai pemimpin adat pertama di negara itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2167 seconds (0.1#10.140)