Korban Tewas Badai Dorian di Bahama Naik Jadi 20

Kamis, 05 September 2019 - 08:49 WIB
Korban Tewas Badai Dorian di Bahama Naik Jadi 20
Korban Tewas Badai Dorian di Bahama Naik Jadi 20
A A A
NASSAU - Menteri Kesehatan Bahama mengatakan korban tewas Badai Dorian telah meningkat menjadi 20 orang. Diperkirakan jumlah korban akan terus meningkat.

Para korban selamat dari badai topan itu memeriksa reruntuhan rumah-rumah yang hancur. Mereka berjuang untuk mendapatkan bahan bakar generator dan mengantre untuk mendapatkan makanan setelah salah satu badai Karibia paling kuat dalam catatan menghancurkan sejumlah wilayah Bahama.

Sebagai badai yang paling merusak yang pernah menyerang negara pulau itu, Dorian telah menewaskan puluhan orang. Namun ruang lingkup kehancuran dan krisis kemanusiaan yang ditimbulkan masih menjadi fokus ketika video udara dari Kepulauan Abaco di Bahama utara menunjukkan kehancuran yang luas.

Warga di Bahama menggunakan Facebook untuk mencari sanak saudara dan orang-orang yang dicintainya yang hilang. Badan-badan bantuan memperkirakan puluhan ribu orang dari populasi Bahama yang mencapai 400 ribu akan membutuhkan makanan dan dukungan lainnya.

"Kami berada di tengah-tengah salah satu krisis nasional terbesar dalam sejarah negara kami," Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis mengatakan pada konferensi pers.

"Kita bisa memastikan akan lebih banyak jumlah korban tewas yang dicatat. Ini hanya informasi awal," imbuhnya seperti dikutip dari 9News, Kamis (5/9/2019).

LaQuez Williams, pendeta di Katedral Jubilee di Grand Bahama, membuka gereja sebagai tempat bernaung bagi sekitar 150 orang. Ketika badai mulai menerjang, Williams mengatakan bahwa dari tempat yang lebih tinggi di gereja ia dapat melihat orang-orang di atap rumah mereka mencari perlindungan.

"Mereka meminta bantuan, tetapi kamu tidak bisa keluar untuk meraih," kata Williams. "Itu sangat sulit karena kamu merasa tidak berdaya," imbuhnya

Video udara dari Pulau Great Abaco menunjukkan lingkungan yang dihantam banjir luasnya bermil-mil dengan perahu terbalik dan kontainer yang berserakan layaknya mainan. Banyak bangunan yang dinding atau atapnya hancur.

"Para korban dimuat di truk-truk flatbed di Abaco," kata seorang pengguna Twitter dengan nama akun @mvp242, yang mengunggah foto blur dari tubuh-tubuh lemas yang berhasil menyelamatkan diri berhamburan di atas tempat tidur truk.

Postingan lain di Twitter mengatakan seluruh komunitas tersapu. Foto-foto dari bandara di Freeport menunjukkan sebuah pesawat ringan terbelah dua, dengan hangar rusak parah dan puing-puing berserakan.

Setelah mengamuk di Karibia sebagai salah satu badai paling kuat yang pernah dicatat, kecepatan angin Dorian turun pada hari Selasa untuk menjadikannya badai Kategori 2 pada skala intensitas lima langkah Saffir-Simpson. Badai itu mempertahankan level itu pada hari Rabu, tetapi para peramal memperingatkan badai itu masih berbahaya ketika mendekati pantai tenggara Amerika Serikat.

National Hurricane Center (NHC) mengeluarkan peringatan gelombang badai yang meliputi seluruh pesisir Georgia, Carolina Selatan, dan Carolina Utara.

"Peringatan Lonjakan Badai berarti ada bahaya genangan yang mengancam jiwa, dari naiknya air yang mengalir ke daratan dari garis pantai, selama 36 jam berikutnya," kata badan pusat topan itu.

Para pejabat Carolina Selatan mengatakan mereka memperkirakan badai akan naik dari 1,2 meter menjadi 2,5 meter dan hembusan angin 140 km/jam pada hari Kamis. Mereka mengatakan kepada orang-orang menjauhi daerah pantai ketika Badai Dorian semakin dekat.

NHC memperingatkan bahwa Dorian akan bergerak di dekat atau melintasi pantai Carolina Selatan atau Utara pada hari Kamis atau Jumat waktu setempat. Lebih dari 2,2 juta orang di Florida, Georgia, Carolina Utara, dan Carolina Selatan telah diperintahkan untuk mengungsi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3194 seconds (0.1#10.140)