Rusia: Klaim Bolton Soal Sabotase Tanker oleh Iran Meragukan

Kamis, 30 Mei 2019 - 20:35 WIB
Rusia: Klaim Bolton...
Rusia: Klaim Bolton Soal Sabotase Tanker oleh Iran Meragukan
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan, mereka tidak mempercayai klaim yang dibuat oleh Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton soal sabotase empat kapal tanker di perairan Uni Emirat Arab (UEA). Bolton menyebut sabotase itu sudah pasti dilakukan oleh Iran.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Ryabkov mengatakan, klaim yang dibuat Bolton itu tidak lain hanyalah upaya AS untuk memaksakan pendapatnya terhadap seluruh dunia.

"Kami tidak dapat menerima apa yang dikatakan rekan kami dari AS. Kami telah melihat banyak situasi ketika orang Amerika menyesuaikan fakta atau peristiwa tertentu dengan tatanan politik dan kepercayaan nasional mereka sendiri yang sempit tentang apa yang terjadi dan bagaimana hal itu terjadi, dan bagaimana sesuatu harus dilakukan," kata Ryabkov.

"Ini bahkan lebih dari hampir pasti Inggris, ini adalah sesuatu yang lebih buruk. Mereka hanya lancang memaksakan pendapat mereka pada seluruh dunia atau setidaknya mencoba untuk melakukannya," sambungnya, merujuk tuduhan Inggris pada Rusia soal serangan racun syaraf di negaranya.

Ryabkov, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (30/5), menekankan bahwa pernyataan seperti itu tidak mempromosikan normalisasi, tetapi hanya memicu ketegangan lebih lanjut.

"Kebijakan seperti itu sangat berbahaya di Timur Tengah. Inilah sebabnya kami akan terus berusaha dengan tenang untuk memastikan bahwa akal sehat akhirnya menang dari konfrontasi dan memberi jalan kepada pendekatan yang lebih masuk akal, sementara pejabat yang bertanggung jawab lebih memilih diplomasi daripada propaganda," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0755 seconds (0.1#10.140)