Perwakilan Guadio 'Caplok' Kedubes Venezuela, Kosta Rika Kesal

Kamis, 21 Februari 2019 - 13:37 WIB
Perwakilan Guadio Caplok Kedubes Venezuela, Kosta Rika Kesal
Perwakilan Guadio 'Caplok' Kedubes Venezuela, Kosta Rika Kesal
A A A
SAN JOSE - Pemerintah Kosta Rika mengutuk tindakan perwakilan diplomatik dari pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido yang mengambil kenadi atas kedutaan Venezuela. Kementerian Luar Negeri Kosta Rika menyebut tindakan tersebut menentang keputusan pemerintah negara itu.

"Kementerian Luar Negeri menyesalkan intrusi yang tidak dapat diterima di gedung kedutaan Venezuela di Kosta Rika oleh personil diplomatik pemerintah sementara Juan Guaido. Dalam hubungan ini, kami menyatakan protes aktif terhadap tindakan perwakilan diplomatik Maria Faria, yang tidak mengikuti periode 60 hari yang diberikan oleh Kosta Rika kepada pejabat pemerintah Nicolas Maduro untuk meninggalkan negara ini," kata Kementerian Luar Negeri Kosta Rika dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (21/2/2019).

Pernyataan itu menambahkan bahwa Kementerian Luar Negeri Kosta Rika berencana untuk menyerahkan catatan diplomatik kepada Faria atas insiden itu dalam beberapa jam mendatang.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza juga menyatakan protesnya atas situasi yang melibatkan kedutaan besar di Kosta Rika.

"Pemerintah Kosta Rica berkewajiban untuk mengikuti Konvensi [Wina] tentang Hubungan Diplomatik dan menjamin operasi normal dan keamanan personel dan fasilitas kami," tulis diplomat top Venezuela itu di Twitter.

Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela pada Januari lalu. Kosta Rika adalah salah satu negara yang mendukungnya dan menolak untuk mengakui masa jabatan presiden baru Presiden Nicolas Maduro .

Setelah proklamasi Guaido, Faria menyerahkan surat kepercayaannya kepada Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado. Sementara itu, perwakilan diplomatik Maduro diperintahkan ke luar negeri.

Duta Besar Venezuela Jesus Javier Arias Fuenmayor diangkat ke Kosta Rika oleh Maduro pada tahun 2014. Ia telah lama ditarik dari negara itu karena hubungan yang memburuk antara San Jose dan Caracas.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6299 seconds (0.1#10.140)