Respon Cermin untuk AS, Rusia Keluar dari INF Dalam 6 Bulan

Rabu, 06 Februari 2019 - 21:09 WIB
Respon Cermin untuk AS, Rusia Keluar dari INF Dalam 6 Bulan
Respon Cermin untuk AS, Rusia Keluar dari INF Dalam 6 Bulan
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov telah menyatakan bahwa Moskow akan memberikan "respons cermin" untuk semua langkah Amerika Serikat (AS) terkait dengan Perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah (INF).

Lavrov mengatakan, sama halnya dengan AS, Rusia juga akan secara penuh menarik diri dari perjanjian yang diteken pada masa Perang Dingin tersebut, yang menghentikan perlombaan senjata nuklir antara kedua negara.

"Mengenai Perjanjian INF, kami telah mengatakan segalanya sebagai tanggapan atas tuduhan tak berdasar oleh AS. Presiden (Vladimir) Putin telah menentukan posisi kami - kami akan bertindak seperti cermin," ucap Lavrov, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (6/2).

"Amerika telah menangguhkan partisipasi mereka dalam perjanjian. Kami melakukan hal yang sama. Dengan demikian, setelah berakhirnya periode enam bulan, menurut hasil dari catatan resmi dari AS tentang penarikan dari perjanjian ini, kesepakatan itu akan berhenti beroperasi," ungkapnya.

Mengenai kemungkinan pembicaraan dengan AS tentang Perjanjian INF, serta masalah stabilitas strategis, Lavrov menyatakan bahwa tidak ada kekurangan inisiatif yang diberika Rusia kepada AS, Barat dan NATO.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu mengatakan negaranya harus membuat rudal hipersonik berhulu ledak nuklir dan rudal jelajah Kalibr berbasis darat terbaru. Keputusan itu sebagai "respons cermin" terhadap tindakan AS yang mulai memproduksi bom nuklir baru setelah menarik diri dari Perjanjian INF.

Misil hipersonik baru yang diminta Kremlin untuk diproduksi adalah misil berbasis darat dengan jangkauan tembak 500km. Pembuatan diminta dimulai tahun 2020 dan tahun 2021 harus sudah siap dioperasikan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5379 seconds (0.1#10.140)