Kota-kota Paling Padat di Dunia

Rabu, 02 Januari 2019 - 10:44 WIB
Kota-kota Paling Padat di Dunia
Kota-kota Paling Padat di Dunia
A A A
SELAMA berabad-abad manusia datang bermigrasi dari sejumlah daerah ke wilayah yang saat ini banyak disebut sebagai kota.

Proses urbanisasi tersebut masih akan terjadi hingga saat ini dan menyebabkan padatnya populasi di sebuah kota. Saat menyebut Jakarta, pasti langsung terbayang kota padat dan macet. Kenyataannya, kepadatan di Ibu Kota Indonesia ini masih kalah dibanding beberapa kota di belahan dunia. Berikut 10 kota dengan populasi terpadat di dunia lain.

Tokyo, Jepang
Kota terpadat di dunia pada tahun 2016 adalah Tokyo. Pada 2016 populasi ibu kota Jepang ini sebanyak 38.140.000 jiwa. Meskipun menjadi kota terpadat di dunia Tokyo bukanlah kota penghasil polusi terbesar. Kebanyakan penduduk berjalan kaki memenuh jalan-jalan yang ada di Tokyo. Selain terkenal sebagai kota terpadat di dunia Tokyo juga dikenal akan kemodernannya.

Delhi, India
Siapa tidak mengenal India? Negara ini menjadi negara dengan jumlah penduduk paling banyak nomor dua di dunia dibawah China. Delhi merupakan sebuah kota di wilayah India bagian Utara. Pada 2016 populasi di kota ini mencapai 26.454.000 jiwa. Jumlah ini diramalkan PBB akan meningkat hingga 10 juta orang pada 2030.

Shanghai, China
Negara terluas dengan penduduk terbanyak di dunia adalah China. Salah satu kota di wilayah ini yang paling padat penduduknya adalah Shanghai. Kota ini terkenal sebagai kota industri dan juga tujuan wisata dan juga pusat keuangan dan rumah bagi pelabuhan kontainer paling sibuk di dunia. Pada 2016 populasi di Shanghai mencapai 24.484.000 jiwa.

Mumbai, India
Mumbai dikenal juga sebagai Bombay. Pada 2016 populasi penduduk di Mumbai sebanyak 21.357.000 jiwa. Selain menjadi kota padat, Mumbai juga merupakan kota terkaya di India. Tidak heran bahwa kota Mumbai merupakan salah satu kota paling penting dan paling berpengaruh di India.

Sau Paulo, Brasil
Sao Paulo merupakan kota terpadat di belahan bumi bagian Selatan. Sao Paulo merupakan kota multi budaya dan sangat terkenal akan industrinya. Maka tidak heran bahwa kota ini terkenal sebagai kota kaya dan maju di bidang pariwisata. Pada 2016 populasi kota ini mencapai 21.297.000 jiwa.

Beijing, China
Beijing merupakan kota terkenal di China. Beijing tercatat sebagai kota terpadat karena pada 2016 populasinya mencapai sekitar 21.240.000 jiwa. Jumlah ini diperkirakan akan masih bertambah hingga tahun 2030.

Mexico City, Meksiko
Mexico City merupakan pusat keuangan di Amerika Latin. Mexico City merupakan kota metropolitan yang dikenal akan perpaduan budaya dengan industri modernya. Ibu kota Meksiko ini merupakan kota paling padat di Amerika Latin. Pada 2016 jumlah populasi penduduk sebesar 21.157.000.

New York, Amerika Serikat
Siapa sangka negara adidaya Amerika Serikat merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia urutan ketiga. Salah satu wilayah yang sangat padat penduduk adalah antara New York, New York City hingga Newark. Lebih dari dua perlima penduduk di New York State tinggal di New York City. Populasi tahun 2016 di wilayah ini adalah 18.604.000 jiwa.

Kairo, Mesir
Benua Afrika merupakan benua tandus. Bila dilihat dari keadaan geografis sepertinya benua ini hanya memiliki sedikit penghuni. Namun siapa sangka salkah satu kota di benua hitam yakni Kairo, Mesir menjadi salah satu kota paling padat penduduknya di dunia. Kota ini merupakan kota yang paling bersejarah di Mesir. Kota ini dianggap berkaitan erat dengan sejarah Mesir Kuno terutama karena letak Piramida Giza. Pada 2016 populasi penduduk kota ini sebanyak 19.128.000 jiwa.

Osaka, Jepang
Pada 2016, jumlah populasi di Osaka sekitar 20.337.000 jiwa. Namun beberapa tahun kemudian jumlah populasinya diprediksi mengalami penurunan hingga 2030. Selain warga negara lokal, yang menyebabkan kota ini menjadi padat adalah keberadaan warga asing yang terus bertambah.

Pulau Terpadat di Dunia

Bungin, Indonesia
Pulau ini berada di teluk Alas Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Pulau Bungin terletak 70 kilometer dari arah barat dari kota Sumbawa Besar, ibu kota Kabupaten Sumbawa. Kepadatan pulau ini bisa dirasakan begitu menyusuri jalan-jalan gang beton rabat yang lebarnya mencapai 1,6 sensus 2010, Santa Cruz del Islote, Kolombia Pulau Santa Cruz del Islote dapat dicapai selama satu jam dari Kolumbia pantai Karibia dengan menggunakan perahu motor. Di dalam pulau kecil ini memiliki 90 rumah dengan penduduk sekitar 700 orang. Jumlah tersebut dapat meningkat sekitar 1.200 orang tatkala anak-anak mereka yang menuntut ilmu di sekolah menengah di daratan pulang kampung.

Santa Cruz del Islote, Kolombia
Pulau Santa Cruz del Islote dapat dicapai selama satu jam dari Kolumbia pantai Karibia dengan menggunakan perahu motor. Di dalam pulau kecil ini memiliki 90 rumah dengan penduduk sekitar 700 orang. Jumlah tersebut dapat meningkat sekitar 1.200 orang tatkala anak-anak mereka yang menuntut ilmu di sekolah menengah di daratan pulang kampung. Santa Cruz dikelilingi oleh perairan indah, tetapi tidak memiliki pantai, tidak ada kolam renang maupun hotel.

Manhattan, Amerika Serikat (AS)
Manhattan merupakan salah satu pulau terpadat penduduknya di dunia dan yang tertua dari lima borought New York City. Populasi penduduknya sekitar 1,58 juta jiwa atau dihuni oleh 26.924 jiwa penduduk per kilometer persegi, lebih padat daripada kota-kota besar di AS.

Joal-Fadiouth, Senegal
Joal-Fadiouth adalah sebuah desa di ujung Pantai Patite Sinegal, sebelah tenggara ibu kota Dakar. Joal terletak di daratan. Sementara Fadiouth merupakan sebuah pulau karang, dimana untuk menuju ke pulau tersebut dihubungkan dengan sebuah jembatan dari daratan Joal. Pulau ini dihuni oleh sekitar 39 ribu penduduk berdasarkan sensus tahun 2007.

Male, Maladewa

Pulau ini tertelak di sebelah selatan Atol Male Utara, ibukota sekaligus kota terpadat di Republik Maladewa. Pulau pusat ini sarat urbanisasi. Sepertiga dari populasi Maladewa tinggal di ibu dan jumlah penduduk meningkat dari 20 ribu jiwa pada 1987 menjadi 100 ribu jiwa pada 2006. Sebagian besar penduduk Maladewa baik pribumi maupun penduduk asing menetap secara temporer di Pulau Male, karena pulau ini telah menjadi satu-satunya pintu masuk menjadi warga negara.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)