Ukraina Menduga Ledakan Gudang Amunisi Akibat Sabotase

Selasa, 09 Oktober 2018 - 21:18 WIB
Ukraina Menduga Ledakan Gudang Amunisi Akibat Sabotase
Ukraina Menduga Ledakan Gudang Amunisi Akibat Sabotase
A A A
KIEV - Otoritas Ukraina menduga, sabotase ada di balik ledakan hebat di gudang amunisi Kementerian Pertahanan di Chernihiv, 176 km timur Kiev. Ledakan itu membuat Kiev harus mengevakuasi12.000orang yang tinggal di dekat gudang amunisi tersebut.

Pihak Kementerian Pertahanan Ukraina menuturkan, berdasarkan fakta bahwa ledakan terjadi pada interval yang sama di berbagai bagian gudang amunisi itu menunjukkan adanya sabotase.

"Dua ledakan serentak, dan setelah lima menit, dua ledakan lagi (di bagian lain dari gudang) menunjukkan itu adalah sabotase militer," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina, Rodion Tymoshenko, seperti dilansir Reuters pada Selasa (9/10).

Akibat ledakan itu, ruang udara dalam radius 30 km ditutup dan transportasi jalan serta kereta api ditangguhkan. Layanan darurat melaporkan pasokan gas dan listrik ke daerah tersebut telah terganggu.

Ratusan petugas darurat dan peralatan dikerahkan ke lokasi. Perdana Menteri Volodymyr Groysman dan kepala pasukan bersenjata Ukraina Viktor Muzhenko telah melaporkan insiden tersebut kepada presiden.

Beberapa kebakaran besar telah menghantam amunisi dan gudang senjata dalam beberapa tahun terakhir yang menguras aset militer Ukraina. Pertempuran antara pasukan Ukraina dan pemberontak separatis pro-Rusia juga telah menewaskan lebih dari10.000orang sejak 2014.

Tahun lalu, ledakan besar-besaran di sebuah gudang militer terjadi di wilayah Vynnytsya, 270 km barat Kiev. Insiden itu memaksa pihak berwenang untuk mengevakuasi sekitar24.000orang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6451 seconds (0.1#10.140)