RI-Vietnam Teken Kesepakatan Soal Pencegahan Pencurian Ikan

Rabu, 12 September 2018 - 18:31 WIB
RI-Vietnam Teken Kesepakatan Soal Pencegahan Pencurian Ikan
RI-Vietnam Teken Kesepakatan Soal Pencegahan Pencurian Ikan
A A A
HANOI - Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Vietnam dilaporkan telah menandatangi nota kesepakahaman mengenai pencurian ikan atau IUU Fishing. Penandatangan ini dilakukan saat Presiden Indonesia, Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Hanoi.

"Kemarin kita bersama-sama menandatangani MoU IUU Fishing, jadi ada secara paralel kita kerjakan negosiasinya," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dalam sebuah pernyataan pada Rabu (12/9).

Dia lalu menuturkan, berdasarkan nota kesepakahaman itu, untuk jangka pendek ada kebutuhan bagi kedua negara untuk mengelola bersama hasil laut dengan baik. Selain itu, adanya kebutuhan untuk mengurangi insiden di laut.

Retno juga menyatakan, kedua negara turut menandatangani rencana aksi yang kedua selama lima tahun ke depan, untuk pengembangan hubungan dua negara. Dirinya menjelaskan Indonesia dan Vietnam sudah memiliki kemitraan stategis sejak tahun 2013.

"Pada tahun itu, sudah langsung ada rencana aksi sampai 2018. Pada saat saya bertemu Menlu Vietnam, saya sampaikan sebaiknya kita siapkan rencana aksi lanjutan untuk lima tahun ke depan," ungkapnya.

Diplomat senior Indonesia itu menambahkan, tim teknis dari kedua negara berusaha menyelesaikan rencana aksi lima tahun ke depan. "Hasilnya, sudah ditandatangani kemarin saat pertemuan kedua presiden," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2957 seconds (0.1#10.140)